Analisis fungsi actuating pada pegawai di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah Binama Tlogosari Semarang

Pebriyanah, Yanah (2019) Analisis fungsi actuating pada pegawai di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah Binama Tlogosari Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_Yanah Pebriyanah_1401036023.pdf]
Preview
Text
skripsi_Yanah Pebriyanah_1401036023.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Yanah Pebriyanah (1401036023). Analisis Fungsi Actuating Pada Pegawai Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BINAMA Tlogosari Semarang. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Walisongo Semarang.
Koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah BINAMA Semarang pada saat ini tersebar di seluruh jawa tengah. KSPPS BINAMA Semarang ini memiliki tujuan untuk menjadi koperasi simpan pinjam syariah terbaik di jawa tengah. Namun yang penulis lihat KSPPS BINAMA kebanyakan pegawai yang kurang displin dan tanggungjawab. Sehingga muncul pertanyaan bagaimana peran Manajer dalam KSPPS BINAMA? sedangkan sudah jelas yang menggerakan para pegawai adalah manajer, yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam KSPPS BINAMA. saya melihat di Semarang ada berapa KSPPS yang eksis dan masih berkiprah di masyarakat. Meskipun KSPPS BINAMA ini bukan KSPPS yang memiliki banyak cabang, akan tetapi KSPPS BINAMA yang mendominasi pegawainya dari wilayah Semarang. Namun BINAMA ini tidak kalah hebatnya dengan KSPPS lainnya yaitu dalam penggerakannya untuk melakukan operasional koperasi. Maka penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana Analisis Fungsi actuating Pada Pegawai di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BINAMA Tlogosari Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Adapun analisisnya menggunakan deskriptif kualitatif dengan mereduksi data, kemudian menyajikan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan fungsi actuating yang sudah berjalan dalam Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BINAMA Tlogosari Semarang dapat dikatakan sudah baik, karena: Pertama, adanya Motivasi dari manajer yang mendorong para pegawai untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan ikhlas. Kedua, adanya Bimbingan ke arah pencapaian sasaran visi dan misi KSPPS BINAMA yang sudah ditetapkan sebelumnya, serta para pegawai yang ada dipacu untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan, kesadaran dan ketrampilan supaya KSPPS BINAMA berjalan secara efektif dan efisien. Ketiga, adanya menjalin hubungan yang harmonis antara Manajer dan semua pegawai dalam KSPPS BINAMA Semarang tersebut. Manajer KSPPS BINAMA memberikan perintah, petunjuk, pedoman kepada para pegawai lainnya agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan ikhlas. Keempat, adanya Penyelenggaraan Komunikasi timbal balik antara Manajer dengan para pegawai sehingga KSPPS BINAMA dapat mencapai tujuan dan sasaran visi dan misi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Actuating; KSPPS BINAMA; Manajemen dakwah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:53
Last Modified: 23 May 2021 05:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics