Hubungan Pemberian Motivasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa di MI Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal

Subahatun, Umi (2012) Hubungan Pemberian Motivasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa di MI Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911283_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911283_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911283_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911283_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911283_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911283_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911283_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberian motivasi orang tua dan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak. Kajiannya dilatarbelakangi tingkat pendidikan dan mata pencaharian orang tua menengah ke bawah, hal ini berdampak pada prestasi belajar anak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah pemberian motivasi orang tua siswa? (2) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa di MI Turunrejo Kecamatan Brangsong Kendal? (3) Adakah hubungan pemberian motivasi orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada siswa di MI Turunrejo Kecamatan Brangsong Kendal? Sedangkan tujuan yang akan dicapai adalah: (1) untuk mengetahui pemberian motivasi orang tua, (2) untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Turunrejo Kecamatan Brangsong Kendal, (3) untuk mengetahui hubungan pemberian motivasi orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhal pada siswa MI Turunrejo Kecamatan Brangsong Kendal. Metode yang digunakan antara lain; angket/kuesioner dan dokumenasi. Sampel penelitian sebanyak 26 orang tua dan siswa. Analisis data menggunakan rumus statistik korelasi product moment dengan langkah; pertama, analisis pendahuluan, yaitu untuk mentabulasikan data yang diperoleh dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan memaparkan penilaian tentang pemberian motivasi orang tua dan prestasi belajar Aqidah Akhlak yang diambil dari angket/kuesioner dan tes yang telah diberi skore. Kedua, analisis uji hipotesis, yaitu menguji hipotesis diterima ataukah tidak, dan Ketiga, analisis lanjut, yaitu analisis pengolahan lebih lanjut dari hasil analisis uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemberian motivasi orang tua sebesar 52,46 dengan kategori baik (51-54), Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 73,5 dengan kategori cukup (71-76). Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai ro diperoleh 0,570. Pada taraf singnifikansi 5% (0,388) dan taraf signifikansi 1% (0,496). Hal ini berarti ro>rt yang berarti signifikan. Dari hasil temuan tersebut maka yang dapat penulis sarankan bagi siswa, prestasi belajar ditentukan sejauhmana minat, bakat, dan kesungguhan dalam mengikuti pelajaran, Bagi guru, prestasi belajar Aqidah Akhlak yang baik belum tentu menjamin bahwa aqidah akhlak siswa ikut baik, namun yang lebih penting adalah bagaimana agar siswa mampu menerapkan pengetahuannya itu ke dalam kehidupan sehari-hari mereka, dan bagi orang tua, bahwa sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak, maka keduanya sama-sama memiliki tanggung jawab menjadikan putra-putrinya memiliki aqidah akhlak yang benar dan lurus. Bagi anaknya yang memperoleh prestasi belajar yang baik maka harus berupaya untuk ditingkatkan, bagi anaknya yang lemah perlu mendapat perhatian yang lebih dibandingkan sebelumnya. Hal ini sangat penting karena mata pelajaran Aqidah Akhlak merupakan landasan utama dalam ajaran Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak; Peran Orang Tua; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:22
Last Modified: 31 Dec 2013 07:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item