Analisis model bisnis perumahan syariah tanpa bank (studi kasus pada developer perumahan syariah “Ngaliyan Residence” Semarang Barat)

Nadzifah, Millatun (2019) Analisis model bisnis perumahan syariah tanpa bank (studi kasus pada developer perumahan syariah “Ngaliyan Residence” Semarang Barat). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1505026036_Millatun Nadzifah]
Preview
Text (skripsi_1505026036_Millatun Nadzifah)
skripsi_1505026036_Millatun Nadzifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal ada dua (2) macam, yakni alternatif perumahan menggunakan KPR perbankan. dan alternatif perumahan yang paling baru yaitu perumahan dengan konsep syariah tanpa menggunakan KPR perbankan nasional. Masing-masing alternatif tersebut didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbagai cara pembayaran serta konsep yang ditawarkan oleh masing-masing pihak.
Perumahan syariah merupakan opsi hunian berkonsep islami,nyaman,aman dan berperadaban serta tanpa bank yang berarti menggunakan instrumen syariah yang menjamin tanpa riba,denda dan dengan akad sesuai syariah. Perumahan syariah tanpa bank hadir sebagai jawaban atas ketidakpuasan masyarakat tehadap KPR bank syariah.
Skripsi yang berjudul “Analisis Strategi Membangun Bisnis Properti Perumahan Syariah Tanpa Bank (Studi Kasus Pada Perumahan Syariah “Ngaliyan Residence” Semarang Barat)” ini merupakan hasil penelitian di Ngaliyan Residence. Untuk menjawab pertanyaan: 1.) Bagaimana konsep bisnis perumahan syariah ? dan 2.) Bagaimana strategi membangun bisnis properti perumahan syariah tanpa bank (studi kasus pada perumahan syariah “Ngaliyan Residence” Semarang Barat)
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penelitian ini memiliki dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, data dianalisis menggunakan metode deskriptif-analitis.
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan: 1.) Berdasarkan analisis bisnis properti perumahan Ngaliyan Residence telah mampu menjawab 9 poin acuan analisis BMC ( Bussiness Model Canvas) yakni meliputi; Value Propositions, Customer Segments, Channels, Customer Relationships, Key Resources, Key Activities,Key Partnerships, dan Cost Structure. 2.) Strategi pelayanan merupakan salah satu strategi yang diterapkan di Ngaliyan Residence untuk membidik segmen pasar yang ditetapan oleh Ngliyan Residence yang pada akhirnya bisa mewujudkan customer loyality.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model bisnis; Perumahan Syariah; Ekonomi syariah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:32
Last Modified: 15 Apr 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics