Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya) pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Berjamaah Kelas II MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Tahun Pelajaran 2011/2012

Sosiawanti, Rapi (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya) pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Berjamaah Kelas II MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911303_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911303_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911303_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911303_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911303_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911303_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911303_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Fiqih yang terjadi di MI Islamiyah Kedawung Banyuputih. Pembelajaran Fiqih yang dilakukan oleh guru selama ini kurang menarik, membosankan, sehingga para siswa cenderung meremehkannya. Kondisi tersebut menyebabkan nilai siswa pada mata pelajaran Fiqih sangat rendah. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengatasi kelemahan dalam pembelajaran Fiqih yaitu dengan menerapkan metode Peer Tutoring (Tutor sebaya). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan metode Peer Tutoring (Tutor sebaya) pada mata pelajaran fiqih Materi Ibadah shalat berjamaah di Kelas II MI Islamiyah Kedawung Banyuputih? 2) Adakah peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih Materi Ibadah shalat berjamaah di Kelas II MI Islamiyah Kedawung Banyuputih setelah menggunakan metode Peer Tutoring (Tutor sebaya)? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode tutor sebaya pada mata pelajaran fiqih Materi Ibadah Shalat berjamaah di kelas II MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih dilakukan dengan mempersiapkan RPP dan alat bantu pembelajaran seperti tes instrumen nilai hasil belajar dan keaktifan belajar, media pembelajaran, selanjutnya dilakukan tindakan proses pembelajaran dengan cara menerangkan materi, membagi siswa dalam kelompok, memilih satu tutor untuk masing-masing kelompok, menyuruh siswa latihan berdiskusi dan mempraktekkan dalam kelompokya, setelah didapatkan hasil kemampuan dan aktivitas belajar siswa kemudian peneliti dan kolabolator merefleksi kegiatan dan melakukan perbaikan untuk dilakukan pada siklus berikutnya. 2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih Materi Ibadah Shalat berjamaah di kelas II MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih setelah menggunakan metode tutor sebaya, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa dimana pada pra siklus ada 13 siswa atau 44,83% naik menjadi 19 siswa atau 65,52% pada siklus II dan pada tindakan siklus II tingkat ketuntasan sudah mencapai 25 siswa atau 86,21. Demikian juga pada keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I ada 16 siswa atau 55,17% dan pada tindakan siklus II sudah mencapai 24 siswa atau 82,76% yang aktif. Hal ini menunjukkan indikator yang ditetapkan 80% telah terpenuhi

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Tutor Sebaya; Peer Tutoring; Fiqih; Shalat Berjamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jan 2014 05:39
Last Modified: 08 Jan 2014 05:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item