Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatit Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Kelas IV di MI Kebonharjo Semarang Utara Tahun Pelajaran 2011/2012

Khasanah, Khasanah (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatit Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Kelas IV di MI Kebonharjo Semarang Utara Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911324_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911324_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911324_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911324_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911324_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911324_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911324_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Upaya Meningkatkan Hasil Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV Semester Gasal di MI Kebonharjo Semarang Urata Tahun Pelajaran 2011/2012. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan model Jigsaw pada mata pelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada penggolongan hewan berdasarkan makanannya dengan metode Jigsaw pada siswa kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara tahun pelajaran 2011/2012?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV MI Kebonharjo Semarang utara tahun pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui ulangan harian siswa dan observasi. Semua data dianalisis dengan analisis kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi penelitian. Keempat komponen analisis tersebut data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication (reduksi, sajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi) dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sejak proses pengumpulan data dilakukan sampai datanya sudah jenuh. Berdasarkan hasil observasi awal, dalam proses pembelajaran didapat hasil belajar siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan penggolonganhewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara tahun pelajaran 2011/2012. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan belajar kelompok dengan kelpmpok tim ahli yaitu, siswa belajar melalui diskusi kelompok. Langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai berikut : pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikankesempatan siswa untuk berbagi pengetahuan dengan siswa yang lain dengan cara siswa dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari empat atau lima siswa, masing-masing membaca atau mengerjakan salah satu bagian yang berbeda dengan yang lain. Kemudian mereka berpencar ke kelompok-kelompok lain dan membentuk kelompok baru dan saling berdiskusi. . Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara dengan materi pokok penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya. Penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA lebih baik dari pada sebelum diterapkannya model pembelajaran tersebut. Karena sudah terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA baik secara kognitif maupun afektif. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembejalaran kooperatif merupakan langkah yang tepat. Dengan model ini siswa menjadi lebih paham, karena pembelajaran menjadi lebih kongkrit dan realistis Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Oleh karena itu penulis menyarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan pada konsep lain ataupun pada mata pelajaran lain, tetapi dengan perbaikan pada proses pembelajarannya dan guru harus lebih memotivasi siswa terutama untuk lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran pada saat diskusi kelompok maupun kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran IPA; Pembelajaran Kooperatit Tipe Jigsaw; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jan 2014 05:54
Last Modified: 08 Jan 2014 05:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item