Metode Reading Guide untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fiqh bagi Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Ajaran 2010/2011

Sholeh, Sholeh (2012) Metode Reading Guide untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fiqh bagi Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911338_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911338_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911338_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911338_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911338_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911338_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911338_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa dalam pembelajaran fiqih di kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak masih kurang antusias atau aktif terbukti peserta didik masih banyak berbicara sendiri ketika proses pembelajaran berlangsung, oleh karena itu perlu diberikan metode yang mengarhakan keaktifan siswa salah sarunya yaitu dengan Metode Reading guide (panduan membaca) adalah bentuk metode pembelajaran yang mengarah pada penyampaian materi secara optimal karena banyaknya materi yang harus diselesaikan dengan lebih banyak melibatkan kegiatan membaca siswa melalui bimbingan berbentuk kisi-kisi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan metode reading guide pada pembelajaran fiqih kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak? 2) Apakah metode reading guide dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fiqh siswa kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi dan aktivitas belajar fiqih siswa kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak menggunakan metode reading guide dapat di lihat dari peningkatan prestasi per siklus dimana pada pra siklus ada 7 siswa atau 35% yang aktif dan menguasai materi dengan nilai diatas KKM dari 20 siswa., Setelah diadakan tindakan pada siklus I, ada 12 siswa atau 60% yang aktif dan memiliki nilai diatas KKM dari 20 siswa. Pada siklus II meningkat lagi, yaitu ada 18 siswa atau 90% yang aktif dan menguasai materi dengan nilai diatas KKM dari 20 siswa. Sedangkan aktivitas belajar siswa juga terjadi peningkatan dimana siklus I ada 9 siswa atau 45% dari 20 siswa dan di siklus II sudah mencapai 17 siswa atau 85%. yang ditentukan yaitu nilai ketuntasan dengan KKM 70 sebanyak 90% dan aktivitas belajar pada kategori baik dan baik sekali sebanyak 80% dari jumlah seluruh siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Fiqh; Aktivitas Belajar; Prestasi Belajar; Metode Reading Guide
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:37
Last Modified: 08 Jan 2014 06:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item