Pengaruh Iklan Islami terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Rakyat Indonesia Syariah (Studi Pada BRI Syariah Cabang Semarang)

Mahmudah, Siti (2011) Pengaruh Iklan Islami terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Rakyat Indonesia Syariah (Studi Pada BRI Syariah Cabang Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
062411002_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
062411002_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
062411002_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
062411002_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
062411002_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
062411002_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
062411002_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (42kB) | Preview

Abstract

Periklanan yang dilakukan BRI syari’ah dalam menawarkan produk tabungan yang memiliki keunggulan faedah (fasilitas serba mudah) yakni setiap pembukaan rekening baru saldo awal hanya Rp 50.000, gratis biaya administrasi bulanan dan kartu ATM diharapkan dapat meningkatkan jumlah nasabah. Dengan menonjolkan keunggulan produk tersebut dalam iklan diharapkan dapat mempengaruhi persepsi, sikap dan perilaku nasabah dan pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor iklan islami yang antara lain adalah kebenaran dan kejujuran, keakuratan informasi, keadilan dan kewajaran, peran perempuan, apresiasi keragaman ras manusia terhadap keputusan menabung nasabah BRI syari’ah secara parsial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (koesioner) dan metode dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 responden, tekhnik pengambilan sample dengan accidential sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada nasabah BRI syari’ah yang kebetulan peneliti temui pada saat riset apabila dianggap sesuai di BRI syari’ah Cabang Semarang. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t), sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 17 for Windows. Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh model regresi linier sederhana Y = 7,738 + 0,513X. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variable iklan islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung nasabah. Berdasarakan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 20,1%, sedang yang 79,9 % dijelaskan oleh variabel lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Iklan Islami; Bank Syari'ah; Menabung
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jan 2014 00:43
Last Modified: 24 Jan 2014 00:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item