Studi Deskriptif tentang Penggunaan VCD dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Taufiq, Muhammad (2012) Studi Deskriptif tentang Penggunaan VCD dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Taufiq_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Taufiq_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Taufiq_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Taufiq_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of Taufiq_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Taufiq_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Taufiq_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Taufiq_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Taufiq_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Taufiq_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan studi
lapangan (field research) dengan pendekatan phenomenologis. Penelitian ini
bersifat deskriptif dengan mengambil obyek studi di SMP Negeri 1 Wonopringgo
Kabupaten Pekalongan. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis
data, penelitian ini menggunakan pendekatan induksi analisis kemudian
dideskripsikan. Lebih lanjut, siklus analisis data ini meliputi pengumpulan data,
reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Studi deskriptif tentang penggunaan
VCD dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kabupaten
Pekalongan dimaksudkan sebagai salah satu proses memperbaiki pembelajaran
PAI dengan menggunakan salah satu metode yang mampu membimbing peserta
didik untuk menemukan pengalaman atau pengetahuan baru dengan menghindari
proses dehumanisasi. Proses penggunaan VCD dalam pembelajaran PAI ini
dibatasi pada pelaksanaan, kelebihan dan kekurangan.
Penggunaan VCD dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonopringgo
Kabupaten Pekalongan adalah salah satu dari media dalam pembelajaran. Di
dalamnya terdapat berbagai unsur yang harus dipenuhi agar memudahkan dalam
mengelola proses pembelajaran tersebut. Unsur-unsur itu berupa langkah-langkah
penyajian bahan ajar , penggunaan media pembelajaran, dan cara mengatasi
gangguan belajar dalam proses belajar mengajar. Kesiapan untuk mengelola
unsur-unsur tersebut dapat membantu guru dalam menjaga kondisi kelas yang
kondusif dan menyenangkan, akan tetapi apabila diabaikan akan membuat kelas
menjadi tidak kondusif terutama bagi jalannya proses pembelajaran di kelas
sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik dan maksimal.
Penggunaan VCD dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Wonopringgo
Kabupaten Pekalongan tentunya tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan
dalam penerapan media pembelajaran tersebut . Dalam hal ini menjadi sangat
penting bagi guru, terutama untuk menata proses pembelajaran PAI pada masamasa
mendatang, terutama bagi kelancaran proses pembelajaran di dalam kelas.
Diantara kelebihan-kelebihan penggunaan VCD adalah dapat mendorong dan
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Namun demikian, penggunaan
VCD dalam pembelajaran juga tidak dapat terlaksana dengan baik karena adanya
kekurangan-kekurangan, yaitu terbatasnya sarana dan prasarana sekolah,
diantaranya tempat tidak memungkinkan serta media VCD yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan. Sehingga dalam proses
belajar mengajar tidak dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Oleh karena itu
pembelajaran tersebut dapat dijadikan bahan koreksi dan modal berharga bagi
proses pembelajaran ke depan akan semakin baik sesuai dengan tujuan sekolah
yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Teaching Methods; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Nov 2013 05:29
Last Modified: 06 Nov 2013 05:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics