Implementasi Program KKG (Kelompok Kerja Guru) Bermutu dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SD (Studi Kasus KKG Bermutu Ki Ageng Selo Kec. Klambu Kab. Grobogan)

Alwani, Munadhiroh (2012) Implementasi Program KKG (Kelompok Kerja Guru) Bermutu dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SD (Studi Kasus KKG Bermutu Ki Ageng Selo Kec. Klambu Kab. Grobogan). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Munadhiroh_tesis_bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Munadhiroh_tesis_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Munadhiroh_tesis_cover_dll.pdf - Accepted Version

Download (816kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program KKG Bermutu dalam meningkatkan kompetensi guru Sd serta bagaimana hasil program KKG Bermutu dalam meningkatkan kompetensi guru SD. Penelitian ini menyebutkan bahwa implementasi program KKG Bermutu telah berjalan dengan baik, rata-rata guru telah mampu mengimplementasikan hasil-hasil program kegiatan KKG Bermutu..Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi antara lain faktor penghambat yaitu tidak adanya sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya kesiapan siswa dan kurangnya pemahaman guru terhadap materi KKG Bermutu, sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya dorongan dari pengawas dan kepala sekolah serta adanya motivasi dari guru. Dengan adanya implementasi yang baik maka secara otomatis meningkatkan kompetensi guru SD. Untuk peningkatan kompetensi pedagogic dan professional sangat baik. Guru semakin baik dalam menyiapkan materi dan rencana pembelajaran, bisa memanfaatkan teknologi (ICT) dalam pembelajaran sehari-hari, mampu mengembangkan dan menerapkan metode serta model-model pembelajaran dalam pembelajaran di kelas, untuk PTK masih sedikit guru yang mampu menguasai PTK dan mengimplementasikanya. Untuk kompetensi kepribadian dan sosial secara umum baik, hanya pada kompetensi kepribadian kedisiplinan dan etos kerja guru meningkat setelah kegiatan KKG Bermutu. Pada kompetensi sosial terdapat peningkatan hubungan antara guru setelah KKG Bermutu, guru sering melakukan sharing dan tukar pengalaman antar guru baik satu sekolahan maupun KKG Gugus Ki Ageng Selo. Untuk hasil program KKG Bermutu, setelah pelaksanaan KKG terdapat peningkatan kompetensi guru yang sangat baik. Peningkatan itu terlihat dengan adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan, sikap dan kinerja guru yang ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku mengajar yang lebih prifesional. Keberhasilan KKG Bermutu juga di lihat dari prosentase kehadiran yang rata-rata 100% serta ketercapaian target program KKG Bermutu yaitu untuk kurikulum KTSP dan silabus 90%, Rpp berkarakter 90%, Kajian kritis 80%, bank soal evaluasi 90%, peta kompetensi 90%, jurnal belajar 100%, PTK 50% dan raport guru 100%. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program KKG Bermutu antara lain faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan prasarana dalam kegiatan KKG Bermutu seperti, LCD, laptop, jaringan internet, pemandu yang terlatih serta adanya dorongan dari pengawas dan kepala sekolah. Sedagkan faktor penghambat antara lain : masih adanya anggota KKG yang kuliah sehingga kadang tidak bisa dating dalam kegiatan KKG Bermutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Guru, Teacher Competencies, Teacher Work Group Program
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Sep 2013 01:51
Last Modified: 04 Sep 2013 01:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item