Kepemimpinan Transformasional Bidang Pendidikan dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri Sudirman Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang

Muslimatun, Muslimatun (2010) Kepemimpinan Transformasional Bidang Pendidikan dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri Sudirman Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Muslimatun_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Muslimatun_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of Muslimatun_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Muslimatun_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of Muslimatun_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Muslimatun_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of Muslimatun_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Muslimatun_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of Muslimatun_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Muslimatun_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintah mengembangkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai wujud desentralisasi pendidikan, pada dasarnya sangat terkait dengan kepemimpinan sosok kepala sekolah. Sekolah yang menerapkan MBS, dituntut untuk meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam pengelolaannya guna meningkatkan kualitas dan efisiensinya. Pemberdayaan kepala sekolah harus dilaksanakan agar mampu berperan sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggungjawabnya. Kepala sekolah sebagai pimpinan adalah subjek yang harus melakukan transformasi kepemimpinan melalui pemberian bimbingan, tuntunan, atau anjuran kepada yang dipimpinnya agar tujuan sekolah tercapai. Penerapan pola kepemimpinan transformasional dapat menunjang terwujudnya perubahan sistem persekolahan.
Penelitian yang dilaporkan dalam bentuk tesis ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional bidang pendidikan dalam penerapan manajemen berbasis sekolah pada SD Negeri Sudirman Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang serta faktor pendukung dan penghambatnya.
Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara kepada kepala sekolah, guru, karyawan, komite sekolah, serta tokoh masyarakat.
Penelitian dilakukan mulai bulan Mei 2009 sampai dengan November 2009. Mengingat penelitian ini bersifat kualitatif, maka setelah data-data terkumpul, masing-masing data dikategorikan berdasarkan masalah dan tujuan. Data-data yang bersifat kuantitatif diklasifikasikan, diproses dengan cara dijumlahkan, dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan untuk diperoleh prosentase, kemudian dibuat menjadi susunan yang urut, dan selanjutnya dibuat tabel. Data yang bersifat kualitatif dianalisa secara deduktif dan induktif.
Berdasarkan analisis data yang terkumpul, maka diperoleh gambaran sebagai berikut : 1) SD Negeri Sudirman sudah memenuhi standar sekolah dengan sistem MBS, terbukti bahwa semua karakteristik MBS, baik karakteristik kinerja organisasi sekolah, proses belajar mengajar, pengelolaan sumber daya manusia, serta pengelolaan sumber dana dan administrasi dapat terpenuhi dengan baik. Kinerja organisasi sekolah berlangsung secara optimal, proses belajar mengajar berjalan lancar, serta sumber daya manusia maupun non manusia diberdayakan secara optimal. 2) Kepemimpinan transformasional diterapkan di SD Negeri Sudirman. Terbukti semua dimensi kepemimpinan transformasional terpenuhi dengan baik. Dimensi-dimensi tesebut antara lain : idealiced influence (kharisma), inspirational motivation (inspirasi), intellectual stimulation (stimulasi intelektual), dan individualized consideration (kepekaan individu). Kepala sekolah mampu membangun perubahan dalam tubuh organisasi sekolah sesuai dengan nilai-nilai yang ditetapkan dengan memberdayakan seluruh komunitas sekolah melalui komunikasi yang terarah, agar para pengikut dapat bekerja lebih energik dan terfokus, sehingga pengajaran dan pembelajaran menjadi bersifat transformatif bagi setiap orang. 3). Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan MBS dijadikan sebagai bahan untuk analisa SWOT. Analisa SWOT dilakukan untuk mengetahui tingkat kesiapan seluruh fungsi sekolah agar tercapai sasaran yang telah ditetapkan.
Kata-kata kunci : kepemimpinan, transformasional, manajemen berbasis sekolah, SD Negeri Sudirman Kecamatan Ambarawa Kab. Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Nov 2013 09:52
Last Modified: 11 Nov 2013 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics