Integrasi Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren Tradisional (Studi Kasus Pondok Pesantren al-Anwar Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang)

Subki, Subki (2013) Integrasi Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren Tradisional (Studi Kasus Pondok Pesantren al-Anwar Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
105112054_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
105112054_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
105112054_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
105112054_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (271kB) | Preview
[img] Text
105112054_Tesis_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
105112054_Tesis_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img]
Preview
Text
105112054_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
105112054_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (114kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu institusi sosial yang dibentuk masyarakat guna memenuhi kebutuhan pendidikan anggotanya, pesantren tidak bisa lepas dari logika pasar. Pesantren akan eksis (survive) sepanjang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebaliknya masyaraakat akan menarik kembali kepercayaan pendidikan keluarganya dari pesantren apabila merasa tidak dapat terpenuhi kebutuhannya di sana. Pesantren al-Anwar merupakan satu-satunya pesantren yang ada di Kecamatan Sarang yang sangat welcome terhadap produk modernisasi, yang sudah membuka diri terhadap perubahan, karena kebutuhan zaman dan karena semakin berkembangnya pemikiran rasio sehingga dikembangkan juga sistem pendidikan modern dengan mendirikan madrasah al-Anwar. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah di dapat kemudian uji keabsahaanya dengan tiranggulasi data dan dianalisis melalui analisis deskriptif induktif sehigga di temukan data mengenai integrasi model pendidikan di madrasah al-Anwar dalam rangka peningkatan mutu lembaga pendidikan pesantren. Hasil penelitian menunujukkan :1) Model pendidikan pondok pesantren al-Anwar Sarang telah mengalami integrasi. Hal ini ditandai dengan telah berdirinya lembaga pendidikan formal (madrasah) dari jenjang Madrasah Ibtidaiyyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan juga Perguruan Tinggi (STAI al-Anwar). Perubahan tersebut dimaksudkan untuk mencetak santri yang mampu mengikuti perkembangan zaman di satu sisi dan santri yang tetap mempertahankan nila-nilai budaya salaf di sisi lain. Dengan tujuan yang semacam itu, para peserta didik di madrasah al-Anwar diwajibkan untuk mengikuti mata pelajaran yang merupakan bagian dari kurikulum pemerintah dan mata pelajaran yang merupakan kurikulum pondok pesantren tradisional (salaf). 2) Integrasi model pendidikan madrasah al-Anwar dilatarbelakangi oleh adanya perubahan tantangan zaman dan tuntutan pondok pesantren untuk tetap menjadi lembaga pendidikan yang Islami, populis dan berkualitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Madrasah; Pesantren; Islamic Religious Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Feb 2014 07:30
Last Modified: 06 Feb 2014 07:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item