Strategi Promosi Perbankan Syari’ah untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah di BNI Syari’ah Cabang Semarang

Fikriyah, Dzikriyatul (2012) Strategi Promosi Perbankan Syari’ah untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah di BNI Syari’ah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092503019_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092503019_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092503019_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092503019_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092503019_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092503019_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan ketiga kegiatan yaitu baik produk, harga dan lokasi. Dalam kegiatan ini setiap bank berusaha untuk mempromosikan seluruh dan jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung. Tanpa promosi jangan diharapkan nasabah dapat menngenal bank. Oleh karena itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Salah satu tujuan promosi bank adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon nasabah yang baru. Tujuan kegiatan promosi adalah memberitahukan dan mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang keberadaan produk, tentang kemanfaatan, tentang keunggulan, tentang atribut-atribut yang dimilki, tentang harga, dimana dan cara memperolehnya. Kegiatan promosi menjadi penting apalagi di era keterbukaan informasi ini. Masyarakat telah dibuat kenyang dengan informasi yang membanjir. Oleh karena itu bank harus memilih cara yang efektif untuk bisa menyampaikan berita kepada masyarakat dengan efektif. Loyalitas adalah komitmen yang mendalam untuk berlangganan suatu produk atau jasa yang dipilih di masa mendatang, meskipun pengeruh situasional dan usaha-usaha pemasaran potensial menyebabkan tingkah laku untuk berpindah. Dalam melakukan segala kegiatan pasti akan ada kendala atau hambatan. Begitu juga dalam melaksanakan strategi promosi perbankan syari’ah untuk meningkatkan loyalitas nasabah, terdapat hambatan yang menjadi tantangan perbankan agar lebih cermat dan jeli dalam menentukan strategi apa yang harus dilakukan. Ketidakberhasilan dalam merebut pelanggan dapat pula disertai ketidakberhasilan mempertahankan pelanggan yang sudah dikuasai, kurangya informsi serta pemahaman akan aktivitas pesaing. Kiat-kiat pemasaran banyak ditentukan oleh kejelian mendapatkan informasi dan memahaminya. Informasi itu penting untuk mempertajam strategi dan merespon aktivitas pesaing. Ketidakmampuan memahami pesaing, pelanggan dan lingkungan dikaitkan dengan posisinya sendiri memiliki kontribusi pada kegagalan, baik kegagalan merebut maupun mempertahankan pelanggan. Dan strategi promosi yang dilakukan BNI Syari’ah Cabang Senarang untuk meningkatkan loyalitas nasabah yaitu: (1) Mengadakan talk show di radio Smart FM Semarang, (2) Iklan di koran, (3) Ikut serta dalam pameran-pameran/open table, (4) Hadiah untuk tabungan Hasanah, (5) Sosialisasi di kampus-kampus, (6) Menghubungi nasabah sewaktu-waktu untuk menjaga silaturrahmi, (7) Bagi nasabah yang mempunyai tabungan Rp. 500.000.000 ke atas, pada saat ulang tahun diberi hadiah. Tolak ukur yang bisa dikatakan sebagai loyalitas nasabah di BNI Syari’ah Cabang Semarang yaitu: (1) Nasabah dana: Minimal menyinpan dananya di BNI Syari’ah Cabang Semarang selama 3 tahun, (2) Nasabah pembiayaan: Nasabah yang pembayaran angsurannya lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; Loyalitas Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 12 Feb 2014 04:30
Last Modified: 12 Feb 2014 04:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item