Sistem pendidikan agama Islam bagi narapidana di madrasah diniyah kelas B lembaga pemasyarakatan Kedungpane Semarang

Sofi , Faiqus (2013) Sistem pendidikan agama Islam bagi narapidana di madrasah diniyah kelas B lembaga pemasyarakatan Kedungpane Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111041_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111041_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111041_Bab1.pdf]
Preview
Text
093111041_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111041_Bab2.pdf]
Preview
Text
093111041_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111041_Bab3.pdf]
Preview
Text
093111041_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 093111041_Bab4.pdf]
Preview
Text
093111041_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 093111041_Bab5.pdf]
Preview
Text
093111041_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 093111041_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111041_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (100kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimanakah Sistem Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana di Madin Kelas B Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang. Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya tindak kejahatan yang terjadi di Indonesia. Selanjutnya bagaimana sistem pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan LP Kedungpane dalam mengurangi tindak kejahatan yang dilakukan narapidana, agar tidak terulang kembali ketika sudah bebas. Studi dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: Bagaimanakah Sistem Pendidikan Agama Islam Bagi Narapidana di Madrasah Diniyah Kelas B Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data diperoleh melalui kajian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh pemahaman tentang sistem pendidikan Agama Islam bagi narapidana di Madin kelas B Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane Semarang.
Dari fokus kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Tujuan pendidikan di Madin at-Taubah sudah mewakili visi Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane. Yaitu pulihnya kesatuan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan warga binaan pemasyarakatan sebagai individu, anggota masyarakat dan mahluk Tuhan yang Maha Esa; 2) Kondisi pendidik di Madin at-Taubah secara umum sudah mempunyai kompetensi seorang guru, Jumlah guru di Madin at-Taubah kelas B adalah 4 orang; 3) semua narapidana berhak menjadi peserta didik di Madin. Jumlah peserta didik di Madin B adalah 18 orang; 4)Materi yang diajarkan di Madin at-Taubah kelas B adalah Rasmul Bayan, berpidato, enterprenership dakwah, tahsinul Qur’an, aqidah akhlaq, bilal dan khotbah Jum’at, salat jenazah dan ghoib, tahlil, wirid dan do’a, praktek imam shalat, hafalan surat pendek dan kewirausahaan;5) Proses pembelajaran di Madin at-Taubah kelas B di laksanakan selama 6 bulan. Dalam seminggu dilaksanakan pada hari Senin-kamis dan hari Sabtu. Dimulai jam 9 pagi sampai jam 11 siang. Dalam proses belajar mengajar setiap hari, seorang guru melakukan tahapan pendahuluan kemudian pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi; 6) metode yang digunakan para pendidik di Madin at-Taubah kelas B masih menggunakan metode klasikal (ceramah); 7) para pendidik melakukan evaluasi dalam setiap akhir pertemuan. Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi bentuk tes ketika kelompok pelajaran sudah berakhir berdasarkan standar kelulusan yang berlaku.
Secara umum sistem pendidikan di Madin sudah berjalan dengan baik, antara tujuan, pendidik, peserta didik, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi saling mempengaruhi satu sama lain. Namun dari beberapa segi perlu proses penyempurnaan lagi, seperti perlu ditingkatnya kompetensi para guru agar pesan-pesan materi dapat tersampaikan kepada peserta didik dengan baik. Sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan sempurna. Dan bagi para peserta didik perlu peningkatan kesadaran lagi akan pentingnya pendidikan, agar dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Narapidana; Lembaga Pemasyarakatan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 365 Penal and related institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Feb 2014 08:55
Last Modified: 25 Feb 2014 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics