Pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2013/2014

Senoaji, Dhobit (2014) Pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073611006_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073611006_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073611006_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073611006_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073611006_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073611006_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073611006_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Siswa materi pokok Gerak Lurus kelas X C MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan teknik one-group pretest-posttest yang merupakan pengembangan dari teknik one-shot case study (Studi Kasus Satu Tembakan) dimana dalam design ini terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan (treatment). dalam penelitian ini menggunakan uji one sample t test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X, dengan keseluruhan berjumlah 4 (empat) kelas, yaitu kelas X-A 43 peserta didik, kelas X-B 43 peserta didik, kelas X-C 42 peserta didik, dan kelas X-D 42 peserta didik. Jumlah total 170 peserta didik. Sampel dipilih dengan teknik cluster sampling. Adapun kelas eksperimen ini tidak dipilih dengan random tetapi ditentukan oleh guru dan dalam pengambilan sampel ini karena populasi di asumsikan berdistribusi normal dan dalam keadaan homogen sehingga terpilih kelas X C sebagai kelas sampel (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa materi pokok Gerak Lurus kelas X C MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam uji hipotesis tersebut, peneliti menggunakan uji t pihak kiri. Berdasarkan perhitungan uji t pihak kiri dengan taraf signifikan = 5%, maka diperoleh t_hitung=2,285. kemudian dikonsultasikan ke tabel distribusi t dengan dk=42+42-2=82 dan taraf signifikan 5% diperoleh t_tabel=1,671. Karena -t_tabel≤t_hitung, maka pendekatan keterampilan proses sains berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus kelas X C MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pembaca, mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang dalam memberikan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan prestasi belajar dan mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan memadai sesuai dengan bidang studinya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sains; Model Pembelajaran; Gerak Lurus
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 07:42
Last Modified: 04 Mar 2014 07:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item