Pelaksanaan pembelajaran agama Islam bagi penyandang tuna netra di balai rehabilitasi sosial Distrarastra Pemalang II

Nafis, Ismi Ulin (2013) Pelaksanaan pembelajaran agama Islam bagi penyandang tuna netra di balai rehabilitasi sosial Distrarastra Pemalang II. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111071_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111071_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111071_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111071_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111071_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111071_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111071_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan pembelajaran agama Islam di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam yang dibutuhkan oleh manusia muslim, termasuk juga muslim tuna netra. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian pembelajaran Agama Islam bagi penyandang tuna netra di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II. Penelitian ini merupakan jenis peneitian field research atau penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Kajian ini menunujukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran agama Islam di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II pada dasarnya bertujuan agar peserta didik (para penyandang tuna netra) mampu mengembangkan diri dalam kehidupan, terutama dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Materi yang diajarkan meliputi aqidah, baca tulis Al-Qur’an, Akhlak, syari’ah (Ibadah), dan Tarikh. Metode yang digunakan dalam pembelajaran agama Islam di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II meliputi: metode ceramah, metode tanya jawab, metode praktek/peragaan, metode hafalan, dan metode resitasi/pemberian tugas. Adapun bentuk penilaian materi pembelajaran agama Islam yang dilakukan di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II yaitu berupa: penilaian tes, penilaian praktek, dan penilaian portofolio. Pembelajaran agama Islam di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II berbeda dengan pembelajaran PAI di lembaga pendidikan formal yang menekankan pada kemampuan akademik peserta didik. Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II lebih menekankan pada pengembangan keterampilan agar mereka mampu berkompetisi dengan orang lain pada umumnya, untuk mencetak lulusan yang siap bekerja. Jadi, pembelajaran agama Islam di Balai Rehabilitasi Sosial Distrarastra Pemalang II sifatnya lebih fleksibel, sebagai substansi pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat, dan berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional. Temuan tersebut memberikan acuan bagi sistem pendidikan nonformal dalam memperbaiki perannya sebagai lembaga pelatihan untuk mengembangkan keterampilan dan kecakapan hidup.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Agama Islam; Tuna Netra; Rehabilitasi Sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 07:45
Last Modified: 04 Mar 2014 07:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1587

Actions (login required)

View Item View Item