Peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran model everyone is a teacher here dalam materi dakwah Nabi Muhammad SAW di kelas IV MI Darus Sa’adah Tlogosari Kulon Semarang 2013/2014

Mustika, Indra (2013) Peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran model everyone is a teacher here dalam materi dakwah Nabi Muhammad SAW di kelas IV MI Darus Sa’adah Tlogosari Kulon Semarang 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911073_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911073_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 083911073_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911073_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 083911073_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911073_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 083911073_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911073_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 083911073_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911073_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 083911073_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911073_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 083911073_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911073_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam (SKI) materi pokok Dakwah Nabi Muhammad SAW dengan menggunkan model everyone is a teacher here di kelas IV MI Darus sa’adah Semarang.

Berdasarkan observasi awal, proses pembelajaran SKI di MI Darus sa’adah Semarang khususnya kelas IV masih belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan guru yang masih menggunakan metode yang belum tepat dan mengarah pada peningkatan hasil belajar sehingga kurang adanya respon peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Akibatnya peserta didik pasif dan kurang mampu mengoptimalkan hasil belajarnya. Metode everyone is a teacher here merupakan salah satu metode yang sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Metode ini memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya. Dengan metode ini, peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini permasalahan yang diajukan adalah apakah penerapan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, adapun untuk mengetahui hasil dilihat dari hasil evaluasi akhir dan aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung. Pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif non statistik.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus 2. Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanan tindakan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Dengan subjek penelitian kelas IV MI Darus sa’adah Semarang sebanyak 23 peserta didik. Pada tahap pra siklus peneliti mengadakan pengamatan proses pembelajaran SKI materi pokok Dakwah Nabi Muhammad SAW sebelum menggunakan model everyone is a teacher here. Pada tahap pra siklus hasil evaluasi akhir peserta didik diperoleh persentase 26,08%. Pada siklus I diperoleh persentase 47,82%, dan pada siklus II persentase naik menjadi 78,26%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode everyone is a teacher here dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa ada peningakatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model everyone is a teacher here.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenega pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Everyone is a Teacher Here; Dakwah Nabi Muhammad
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 07:53
Last Modified: 04 Mar 2014 07:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics