Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh Guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang

Hariyanti, Mifta Lestari (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh Guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111068_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111068_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111068_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111068_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111068_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111068_Bab5.pdf - Bibliography

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111068_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru PAI terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang. Kajian ini dilatarbelakangi oleh peranan penggunaan media pembelajaran dalam kaitannya dengan motivasi belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh guru PAI kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang? (2) Bagaimana motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang? (3) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh Guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang? Permasalahan di atas, dibahas dengan melakukan penelitian secara langsung datang ke SMP Hasanuddin 6 Semarang. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik analisisnya menggunakan perhitungan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk mendapat data X dan Y. Angket digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, namun sebelumnya dilakukan uji validitas angket terlebih dahulu dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Persepsi Siswa tentang Keterampilan Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru PAI sebesar 101,8625 berada dalam kategori “cukup”, yaitu pada interval 98 - 105.Sementaranilai rata-rata motivasi belajar PAI siswa sebesar 98,425 berada dalam kategori “cukup”, yaitu pada interval 94-103.Adapun pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang. Ternyata terdapat korelasi yang positif antara persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh guru PAI (X) terhadap motivasi belajar PAI siswa (Y) kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang. Hal ini di tunjukkan dengan koefisien korelasi r_xy=0,6667 > r_tabel= 0,220 pada taraf signifikan 5% berarti ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa, jika hasil r_xy di formulasikan dengan persen (%) maka menjadi 66,67 %. Kemudian analisis regresinya ditunjukkan dengan perhitungan F_reg=62,416>F_tabel (0,05) = 3,98 untuk taraf signifikansi 5%, artinya ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan penggunaan media pembelajaran oleh guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Hasanuddin 6 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; Keterampilan Mengajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 07:58
Last Modified: 04 Mar 2014 07:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item