Pengaruh intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati

Azizah, Nur (2013) Pengaruh intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111089_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111089_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111089_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111089_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111089_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111089_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111089_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (104kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Studi dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan : Adakah pengaruh intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana, yang dilaksanakan di MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Penelitian ini mengambil 20% dari jumlah populasi sebesar 198 siswa untuk dijadikan sampel, yaitu 40 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Peneliti menggunakan instrumen angket dan instrumen tes untuk mendapatkan data variabel X dan variabel Y. Dalam analisis uji hipotesis penelitian ini digunakan analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N– 2 = 38 diperoleh harga F_reg = 11,459 sedangkan F_tabel = 4,10. Dari hasil interpretasi diperoleh bahwa F_reg > F_tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa hasilnya signifikan. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa r_xy= 0,481 >〖 r〗_tabel dengan taraf signifikasi 5% = 0,312. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel tersebut memiliki korelasi positif, karena r_xy>r_tabel. Dengan demikian diketahui adanya korelasi positif antara variabel (X) intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an dengan variabel (Y) kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Variasi nilai pengaruh intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati dapat dilihat melalui fungsi taksiran Ŷ = 18,678 + 0,808X. Sedangkan koefisien determinasi yang dihasilkan adalah R2= 0,232. Ini berarti intensitas mengikuti pembelajaran baca tulis al-Qur’an siswa mempunyai pengaruh sebesar 23,2% terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Sisanya 76,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur’an; Pembelajaran al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 08:05
Last Modified: 04 Mar 2014 08:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item