Analisis bahan ajar textbooks for high school students studying the sciences chemistry materi pokok hidrokarbon (dalam perspektif kurikulum 2013)

Rizqiana, Fika Atina (2013) Analisis bahan ajar textbooks for high school students studying the sciences chemistry materi pokok hidrokarbon (dalam perspektif kurikulum 2013). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093711010_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093711010_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 093711010_Bab1.pdf]
Preview
Text
093711010_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 093711010_Bab2.pdf]
Preview
Text
093711010_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 093711010_Bab3.pdf]
Preview
Text
093711010_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093711010_Bab4.pdf]
Preview
Text
093711010_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of 093711010_Bab5.pdf]
Preview
Text
093711010_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 093711010_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093711010_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (32kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang sajian materi hidrokarbon dan relevansinya dengan kurikulum 2013 pada buku teks kimia berbahasa inggris, yaitu Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry, terbitan FHSST Authors dari Afrika Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan bahasa inggris dalam berbagai bidang, khususnya pendidikan, sehingga dalam pembelajaran diperlukan adanya variasi bahan ajar berupa buku teks berbahasa inggris dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan. Masalah penelitian difokuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kelengkapan materi, akurasi, pemecahan masalah, komunikasi, koneksi (keterkaitan), dan penyampaian (represent) pada bahan ajar Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry materi pokok Hidrokarbon? (2) Bagaimana relevansi materi pokok Hidrokarbon pada bahan ajar Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry dengan kurikulum 2013 untuk SMA kelas X? Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi dokumentasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan yaitu bahan ajar berupa textbook dengan judul Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry pada materi hidrokarbon dan kompetensi dasar mata pelajaran kimia materi hidrokarbon kelas X kurikulum 2013. Kedua sumber data tersebut disiapkan, dianalisis berdasarkan kriterian penskoran yang telah ditetapkan, dihitung persentasenya, lalu dibahas hasilnya.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aspek kelengkapan materi sebesar 62,5% atau pada kriteria cukup; aspek akurasi sebesar 58,3% atau pada kriteria kurang; aspek pemecahan masalah sebesar 75% atau pada kriteria baik; aspek komunikasi sebesar 62,5% atau pada kriteria cukup; aspek koneksi (keterkaitan) sebesar 50% atau pada kriteria kurang; aspek penyampaian (represent) sebesar 62,5% atau pada kriteria cukup (2) Relevansi materi Hidrokarbon pada Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry dengan kurikulum 2013 adalah sebesar 31,2% atau termasuk pada kriteria sangat kurang. Temuan tersebut menunjukkan bahwa materi pokok Hidrokarbon pada Textbooks For High School Students Studying The Sciences Chemistry terbitan FHSST Authors dari Afrika Selatan tidak memenuhi dari segi isi materi, relevansi dengan kurikulum, dan pembahasannya belum lengkap untuk pembelajaran di SMA kelas X. Namun, textbook ini dapat menambah pengetahuan istilah kimia dalam bahasa inggris dan dapat mendorong siswa maupun guru untuk dapat secara arif memanfaatkan teknologi sebagai media pendidikan untuk memperoleh informasi pengetahuan sebanyak-banyaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Mar 2014 08:53
Last Modified: 05 Mar 2014 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics