Peningkatan kemampuan siswa berbicara dalam bahasa Arab dengan menggunakan thariqah mubasyarah di kelas V MI Wadas Plantungan Kendal tahun pelajaran 2012/2013.
Darbo, Darbo (2013) Peningkatan kemampuan siswa berbicara dalam bahasa Arab dengan menggunakan thariqah mubasyarah di kelas V MI Wadas Plantungan Kendal tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911165_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (646kB) | Preview
093911165_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (291kB) | Preview
093911165_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (319kB) | Preview
093911165_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (252kB) | Preview
093911165_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (580kB) | Preview
093911165_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
093911165_Bibliogfari.pdf - Bibliography
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Thariqah Mubasyarah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dalam Bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berbicara dalam Bahasa Arab pada siswa dalam usaha meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam yang berkualitas di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wadas Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mengambil kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wadas Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2012 / 2013, siswanya sejumlah 15 orang yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi / pengamatan, dokumentasi, yang meliputi hasil analisis observasi pada siklus I, II dan III. Analisis prosentase dan analisis evaluasi (hasil belajar) dari hasil pengamatan dan proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan bicara siswa (kalam) pada mata pelajaran Bahasa Arab meningkat setelah menggunakan Thariqah Mubasyarah dengan data : siklus I nilai rata-rata 47,7, siklus II nilai rata-rata 63 dan siklus III nilai rata-rata 73.
Dari hasil penelitian disarankan kepada Madrasah / Lembaga dalam proses pembelajaran tidak terpaku pada penggunaan satu metode saja, akan tetapi diharapkan dalam menggunakan metode pembelajaran agar lebih variatip sehingga pembelajaran tidak monoton yang cenderung membosankan pada siswa. Dengan demikian penerapan metode yang variatif akan meningkatkan motivasi siswa yang pada akhirnya siswa lebih bergairah belajar Bahasa Arab yang muaranya akan dicapai prestasi yang maksimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Thariqah Mubasyarah; Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 09:41 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 09:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year