Pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum Kendal

Pitalokasari, Ida (2013) Pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093311014_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311014_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311014_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311014_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311014_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311014_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311014_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (119kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Kajiaanya dilatar belakangi perlunya kedisiplinan dalam mengelola kelas. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pengelolaan kelas indoor dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum ? (2) Bagaimana pengelolaan kelas outdoor dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum? (3) Bagaimana problematika pengelolaan kelas indoor dan outdoor dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik TK Siwijaya Ringinarumdan solusinya ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TK Siwijaya Ringinarum Kendal. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang pengelolaan kelas. Datanya diperoleh dengan wawancara langsung, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenoligi teknik analisis deskriptif dengan logika induksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengelolaan kelas indoor menggunakan sistem klasikal terkendali, untuk menjaga kedisiplinan menggunakantata tertib dan pembiasaan. (2) Pengelolaan kelas outdoor dijalankan dengan membiasakan tata tertib. Untuk menjaga kedisiplinan adanya hukuman bagi yang melanggar. (3) Hambatan dan Solusi pengelolaan kelas indoor yakni : kurangnya alat peraga dan kurangnya minat anak dengan kegiatan yang telah dirancang guru. Solusinya : menambah alat peraga, dan guru harus kreatif, inovatif san variatif dalam merancang kegiatan. Hambatan dan solusi pengelolaan kelas outdoor yakni : terjadinya kecelakaan dan berebut permainan. Solusinya : idealnya 1 guru menangani 10 anak. Kedua anak selalu diingatkan dengan tata tertib dan anak dipancing untuk bermain dengan permainan yang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar; Manajemen Pendidikan; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Mar 2014 10:05
Last Modified: 06 Mar 2014 10:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item