Manajemen kesiswaan program ekstrakulikuler di MA Nurul Ulum Mranggen Demak

Kholis, Mat (2013) Manajemen kesiswaan program ekstrakulikuler di MA Nurul Ulum Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093311021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093311021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana perencanaan Program Ekstrakulikuler Di MA NurulUlumMranggen Demak?, 2) Bagaimana pelaksanaan Program Ekstrakulikuler Di MA NurulUlumMranggen Demak?, 3) Bagaimana pengawasan Program Ekstrakulikuler Di MA NurulUlum Mranggen Demak?. 4) Bagaimana evaluasi Program Ekstrakulikuler Di MA Nurul Ulum Mranggen Demak?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan program ekstrakurikuler di MA Nurul Ulum Mranggen Demak. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler di MA Nurul Ulum Mranggen Demak. 3) Untuk mendeskripsikan pengawasan program ekstrakurikuler di MA Nurul Ulum Mranggen Demak 4) Untuk menemukan apa saja bentuk evaluasi program ekstra kulikuler di MA Nurul Ulum Mranggen Demak Permasalahan tersebut dibahas menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan hasil data akhir yang berupa uraian deskriptif. Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, wawancara (interview), dan triangulasidata. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu, reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan hal yangpenting, dan membuang hal yang tidak perlu), display data (data hasil reduksidisajikan ke dalam bentuk naratif, tabel, grafik sehingga mudah dipahami),verifikasi data (penyimpulan hasil akhir data), dan interpretasi (meningkatkan pemahaman dengan berupaya mencari makna. Perencanaan program ekstrakulikuler di MA Nurul Ulum banyak melibatkan semua warga sekolah yaitu: kepala Sekolah, waka kesiswaan, guru, OSIS, dan orang tua agar supaya dari pihak warga sekolah mengetahui dan memberikan masukan terkait dengan ekstrakurikuler yang akan di jalankan bersama-sama. Tujuan utama kegiatan ekstrakulikuler adalah untuk menciptakan terbentuknya karaker memaksimalkan bakat siswa. pada umumnya. Adapun kegiatan ekstrakulikuler di MA Nurul Ulum adalah pramuka, Pencak silat, Seni tilawah Al Qur’an, rebana, Drumband, Bola volley, Otomotif,. Kegiatan tersebut di biayai oleh dana BOS dan uang kas Madrasah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa perencanaan yang ditetapkan oleh MA Nurul Ulum terkait kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan teori yang menerapkan asas-asas kebersamaan. Pelaksanaan Kegiatan ekstrakurikuler di MA Nurul Ulum Mranggen dilaksanakan pada sore hari, yaitu pelaksanaannya setelah pemberian pelajaran tambahan kepada peserta didik. Pemilihan waktu pelaksanaan pada sore hari adalah agar pelaksanaan ekstrakurikuler ini tidak mengurangi jam belajar-mengajar peserta didik, sehingga tidak akan mengganggu proses belajar mengajar. Karena pada intinya kegiatan ekstrakurikuler adalah dilaksanakan diluar jam pelajaran. Pengawasan ekstrakulikuler ini yang dilakukan MA Nurul Ulum di lakukan dengan dua cara yaitu Inetrnal dan Eksternal. Internal yaitu kepala Madrasah secara langsung meninjau kegiatan ekstrakulikuler dilapangan untuk mengetahui apakah kekurangan dari kegiatan program ekstrakulikler di MA Nurul Ulum ini. Eksternal dengan cara kepala Madrasah mengutus atau menunjuk sebagai pengawas dalam kegitan ekstrakulikuler di MA Nurul Ulum biasanya yang saya tunjuk untuk mengawasi kegiatan ekstrakulikuler. Evaluasi yang dilakukan MA Nurul Ulum dengan dua cara yaitu secara langsung dan secara tidak langsung Penilaian program ekstrakurikuler menekankan pada penilaian/tes tindakan yang dapat mengungkapkan tingkat unjuk perilaku belajar/kerja siswa. Penetapan tingkat keberhasilan untuk program ekstrakurikuler didasarkan atas standar minimal tingkat penguasaan kemampuan yang disyaratkan dan bersifat individual. Adapun evaluasi ekstrakulikuler ini di bukrikan dengan hasil prestasi yang diraih dalam kegiatan ekstrakulikuler baik prestasi tingkan kecamatan maupun tingkat kabupaten.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan; Program Ekstrakulikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Mar 2014 10:08
Last Modified: 06 Mar 2014 10:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item