Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang

Idris, Muhammad (2013) Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093311024_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093311024_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093311024_Bab1.pdf]
Preview
Text
093311024_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 093311024_Bab2.pdf]
Preview
Text
093311024_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 093311024_Bab3.pdf]
Preview
Text
093311024_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 093311024_Bab4.pdf]
Preview
Text
093311024_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 093311024_Bab5.pdf]
Preview
Text
093311024_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 093311024_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093311024_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (182kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi betapa pentingnya mempersiapkan generasi penerus yang hafal Al Qur’an. Karena di era modern ini, semakin berkurang para penghafal Al Qur’an. Untuk mempersiapkan tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah, untuk itu dibutuhkan suatu pendidikan dari usia dini yang sangat mengetahui karakter anak sehingga mereka cinta dan tertarik untuk menghafal Al-Qur’an. Dan untuk itu pula perlu ada pengelolaan pembelajaran yang baik agar tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai secara efektif dan efisien. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah?. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Penelitian kualitatif yaitu data-data yang ada berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kegiatan pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah berjalan dengan baik, meskipun ada hambatan sedikit yang perlu dibenahi. Pertama, dalam tahap perencanaan pembelajaran tahidz di MI Al Khoiriyyah guru-guru tahfidz secara umum sudah dikatakan cukup baik. Hal ini ditandai dengan guru-guru tahfidz membuat target perencanaan hafalan yang disusun dalam perangkat perencanaan pembelajaran. Seperti membuat kalender pendidikan, Prota, Promes, menentukan alokasi waktu dan minggu efektif, Silabus, dan terakhir RPP. Dan dalam penyusunannya mengacu pada kurikulum KTSP yang dikembangkan sendiri oleh guru-guru tahfidz MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Kedua, pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an di MI Al Khoiriyyah Semarang sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan proses pelaksanaan yang baik yakni dari mulai metode yang berbasis pembelajaran PAIKEM, materi yang memperhatikan kondisi psikologis kemampuan siswa, dan pengelolaan kelas yang enak dan nyaman. Disamping itu kepala sekolah dan koordinator tahfidz yang selalu mengkoordinir, memonitoring dan mensupervisi para guru ketika pembelajaran berlansung. Ketiga, bentuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan dalam program Tahfidzul Qur’an di MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang yaitu dengan menggunakan tes setoran harian, setoran hafalan mid semester, setoran hafalan Semester dan Ujian Akhir tahfidz (UAT). Sedangkan untuk anak yang belum mengalami ketuntasan, maka dilakukan remedial sesuai dengan ketentuan. Untuk pelaporan hasil hafalan siswa terdapat buku pantauan tahfidz murid yang digunakan untuk memantau hafalan anak tersebut, sehingga guru dan orang tua murid dapat mengecek dan memantau hafalan anaknya. Adapun aspek yang dinilai, yaitu: aspek kelancaran hafalan, tajwid, fashahah, ahlak (sikap).
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengajar, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Juga semua pihak yang membutuhkan khususnya Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Tahfidzul Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Mar 2014 04:11
Last Modified: 10 Mar 2014 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics