Efektivitas teknik KWL (Know What to Know Learned) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat kelas VII A di SMP Negeri 2 Pulokulon

Fauzan, Hamid (2013) Efektivitas teknik KWL (Know What to Know Learned) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat kelas VII A di SMP Negeri 2 Pulokulon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_093511015_Hamid_Fauzan]
Preview
Text (SKRIPSI_093511015_Hamid_Fauzan)
093511015_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of 093511015_Bab1.pdf]
Preview
Text
093511015_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 093511015_Bab2.pdf]
Preview
Text
093511015_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 093511015_Bab3.pdf]
Preview
Text
093511015_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 093511015_Bab4.pdf]
Preview
Text
093511015_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 093511015_Bab5.pdf]
Preview
Text
093511015_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 093511015_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093511015_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (68kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik KWL (Know What to know Learned) pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII A semester 1 SMP Negeri 2 Pulokulon Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Shoot Case Study (Studi Kasus Satu Tembakan) dimana dalam design penelitian ini terdapat suatu kelompok diberi treatment (perlakuan) dan selanjutnya diobservasi hasilnya (treatment adalah sebagai variabel independen dan hasil adalah sebagai variabel dependen). Jenis penelitian ini digunakan karena penelitian ini tidak menggunakan kelas kontrol. Adapun kelas eksperimen dipilih dengan cluster random sampling. Cluster sampling atau sampling area digunakan jika sumber data atau populasi sangat luas misalnya penduduk suatu propinsi, kabupaten, atau karyawan perusahaan yang tersebar di seluruh provinsi. Untuk menentukan mana yang dijadikan sampelnya, maka wilayah populasi terlebih dahulu ditetapkan secara random. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 6 kelas. Dengan persetujuan guru Matematika kelas VII SMP Negeri 2 Pulokulon Kabupaten Grobogan yang dijadikan sebagai kelas sampel (eksperimen) adalah kelas VII A.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Setelah mendapatkan data hasil penelitian dari kelas eksperimen, maka dilakukan uji normalitas terlebih dahulu. Kemudian dilakukan analisis hasil penelitian untuk menguji hipotesis. Dalam uji hipotesis tersebut, peneliti menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan perhitungan uji t pihak kanan dengan taraf signifikan = 5%, maka diperoleh dan . Karena nilai thitung terletak di daerah penerimaan dan , maka hipotesis diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan teknik KWL (Know What to know Learned) tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat kelas VII A semester I SMP Negeri 2 Pulokulon Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014.
Dengan adanya penelitian ini, penggunaan teknik KWL (Know What to know Learned) mempunyai dampak positif, yaitu: memampukan peserta didik untuk menentukan tujuan membaca mereka sendiri, mengisi kolom merupakan cara yang efektif untuk menolong peserta didik memahami bacaan, dapat memotivasi peserta didik untuk berperan serta dalam proses belajar mengajar, memampukan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan proses lebih efektif ketika peserta didik duduk berkelompok.
Tetapi teknik KWL (Know What to know Learned) ini juga memiliki dampak yang kurang positif, yaitu: peserta didik yang tidak mempunyai pengetahuan dasar akan kesulitan di dalam mengisi kolom K, KWL (Know What to know Learned) tidak cocok untuk pembaca yang mempunyai daya pikir dan daya ingat yang lemah, proses yang memakan waktu dan KWL (Know What to know Learned) tidak cocok digunakan untuk membaca karangan fiksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Bilangan Bulat; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 11 Mar 2014 07:03
Last Modified: 29 May 2021 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics