Evaluasi penggunaan media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kelas IX di SMP Negeri 2 Mranggen tahun pelajaran 2013/2014

Tsiqoh, Dzawits (2013) Evaluasi penggunaan media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kelas IX di SMP Negeri 2 Mranggen tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_093511013_Dzawits_Tsiqoh]
Preview
Text (SKRIPSI_093511013_Dzawits_Tsiqoh)
093511013_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (905kB) | Preview
[thumbnail of 093511013_Bab1.pdf]
Preview
Text
093511013_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 093511013_Bab2.pdf]
Preview
Text
093511013_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 093511013_Bab3.pdf]
Preview
Text
093511013_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 093511013_Bab4.pdf]
Preview
Text
093511013_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 093511013_Bab5.pdf]
Preview
Text
093511013_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 093511013_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093511013_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan media pembelajaran matematika kelas IX di SMP N 2 Mranggen yang difokuskan pada: 1) Context meliputi kesesuaian media pembelajran dengan indikator kriteria media pembelajaran yang baik. 2) input meliputi kemampuan dasar peserta didik dan karakteristik dasar peserta didik kelas IX SMP N 2 Mranggen. 3) process meliputi penggunaan media pembelajaran matematika tersbut dalam proses pembelajaran di dalam kelas. 4) product meliputi pencapaian hasil belajar peserta didik kelas IX setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian ini dilakukan di kelas IX A SMP N 2 Mranggen dari tanggal 29 Oktober sampai dengan 16 November 2013. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Pengujian validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment untuk instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Evaluasi Konteks (Context Evaluation), Media pembelajaran berbasis komputer dengan software power point tersebut yang digunakan pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX A, sudah mendekati kriteria media pembelajaran yang baik ditunjukkan dengan hasil evaluasi berdasarkan kesesuaian dengan indikator-indikator kriteria media pembelajaran yang terdiri atas kalitas isi dan tujuan, penyajian materi, interaksi pemakai, interaksi pada program media, aspek pembelajaran, dan aspek kebenaran isi. 2) Evaluasi Input (Input Evaluation), kemampuan dasar dan karakteristik dasar peserta didik kelas IX A SMP N 2 Mranggen sudah sesuai dijadikan landasan dalam pemilihan dan penggunaan media pembelajaran matematika tersebut untuk digunakan pada materi bangun ruang sisi lengkung. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan dasar peserta didik kelas IX A SMP N 2 Mranggen yang sangat baik ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal mencapai 82 % . Karakteristik peserta didik sesuai dengan catatan dokumentasi dan hasil wawancara menunjukka peserta didik kelas IX A memiliki sikap yang baik dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini didukung dengan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas menggunakan media tersebut. 3) Evaluasi Proses (Process Evaluation), pada proses pembelajaran menggunakan media tersebut peserta didik dapat secara aktif bertanya dan antusias dalam pembelajaran, penggunaanya pun lancar. Namun, keterbatasan waktu membuat peserta didik tidak dapat berinteraksi langsung dengan media tersebut dalam menjawab soal-soal interaktif yang tersaji pada media tersebut. Ketidaksesuaian manajemen waktu antara RPP yakni 80 menit (2 jpl) dan pelaksanaan di dalam kelas yang membuat peserta didik tidak dapat berinteraksi dengan media tersebut. Hal ini disebabkan adanya jeda waktu istirahat, yang membuat penyampaian materi tertunda selama kurang lebih 10 menit. 4) Evaluasi Produk (Product Evaluation),pencapaian hasil belajar peserta didik berada dalam kategori sangat baik yaitu mencapai 85, 7%. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran matematika dengan software power point tersebut cukup membantu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP N 2 Mranggen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Matematika; Bangun Ruang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 11 Mar 2014 07:16
Last Modified: 29 May 2021 08:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics