Efektivitas permainan bahasa Shunduq al-Asyya’ (kotak barang) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Al-Khoiriyyah I Semarang semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014

Muna, Izzatil (2014) Efektivitas permainan bahasa Shunduq al-Asyya’ (kotak barang) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran bahasa Arab kelas IV MI Al-Khoiriyyah I Semarang semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
09311032_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911032_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911032_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911032_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911032_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911032_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911032_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Permainan Bahasa Shunduq al-Asy ya’ (Kotak Barang) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV, yang terdiri dari IVA, IVB, danI VC. Sampelnya adalah kelas IVB yang terdiri dari 23 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC yang terdiri dari 23 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan Permainan Bahasa Shunduq al-Asy ya’ (Kotak Barang) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji persamaan rata-rata. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 1,846 dan ttabel pada α = 5 % dan dk = (22 + 22– 2) = 42 didapat ttabel = 1,68. Oleh karena thitung>ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran Bahasa Arab yang menggunakan media permainan bahasa Kotak Barang (Shunduq al-Asy ya’) lebih baik daripada hasil pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah menggunakan media permainan bahasa Kotak Barang (Shunduq al-Asy ya’) adalah 74,63636 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol setelah menggunakan metode ceramah dan drill adalah 65,95455, sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan bahasa Kotak Barang (Shunduq al-Asy ya’) efektif terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran bahasa Arab kelas IV semester ganjil di MI Al-Khoiriyyah I Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, model dan media pembelajaran yang baik dan tepat dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; Media Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 11 Mar 2014 07:18
Last Modified: 11 Mar 2014 07:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item