Efektivitas strategi pembelajaran elaborasi terhadap hasil belajar fisika materi pokok vektor pada peserta didik kelas X MA Nurul Huda Mangkang tahun ajaran 2013/2014

Alfian, Farid (2013) Efektivitas strategi pembelajaran elaborasi terhadap hasil belajar fisika materi pokok vektor pada peserta didik kelas X MA Nurul Huda Mangkang tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093611010_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093611010_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093611010_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093611010_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093611010_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093611010_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093611010_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran elaborasi efektif terhadap hasil belajar Fisika materi pokok Vektor pada peserta didik kelas X MA Nurul Huda Mangkang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang berdesain Posttest-Only Control Design, yang dilaksanakan di MA Nurul Huda Mangkang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Nurul Huda Mangkang, yang terdiri dari XA, XB, XC dan XD. Sampelnya adalah kelas XB yang terdiri dari 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengmablian sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Dalam penelitian ini kelas XB diberi perlakuan berupa pembelajaran Fisika materi poko Vektor dengan menggunakan strategi pembelajaran elaborasi. Setelah pembelajaran selesai kelas eksperimen diberi post-test. Post-test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar Fisika peserta didik menggunakan strategi pembelajaran elaborasi lebih besar dari KKM yang ditentukan dari pihak sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar kognitif peserta didik. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlbih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Data hasil penelitian yang telah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 1,870, sedangkan ttabel = 1,70. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar Fisika peserta didik yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi elaborasi lebih besar daripada KKM. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 68,4 sedangkan KKM yang ditentukan dari sekolah adalah 65, sehingga dapat disimpulkan bahwa straegi pembelajaran elaborasi efektif terhadap hasil belajar Fisika materi pokok Vektor pada peserta didik kelas X MA Nurul Huda Mangkang tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil perhitungan uji Gain diperoleh nilai G sebesar 0,16. Sesuai indeks kategorisasi , 0,16 berada dibawah 0,3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektifitas strategi pembelajaran elaborasi berkategori rendah. hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : 1) Dalam melukis penjumlahan Vektor, siswa kurang memperhatikan arah Vektor. Padahal, penentuan arah ini sangat penting. 2) Pemahaman siswa terhadap materi trigonometri sangat kurang, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menghitung resultan Vektor . 3) Siswa mengalami kesulitan dalam melakukan sintesis akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Fisika; Pembelajaran Elaborasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:57
Last Modified: 13 Mar 2014 07:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item