Pengaruh persepsi peserta didik kelas XI di MA Fathul Huda mengenai guru Kimia dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar Kimia

Nashihah, Nashihah (2013) Pengaruh persepsi peserta didik kelas XI di MA Fathul Huda mengenai guru Kimia dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar Kimia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093711022_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093711022_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 093711022_Bab1.pdf]
Preview
Text
093711022_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 093711022_Bab2.pdf]
Preview
Text
093711022_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 093711022_Bab3.pdf]
Preview
Text
093711022_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 093711022_Bab4.pdf]
Preview
Text
093711022_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 093711022_Bab5.pdf]
Preview
Text
093711022_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 093711022_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093711022_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (242kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi peserta didik mengenai guru kimia dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar kimia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimanakah persepsi peserta didik mengenai guru kimia dalam mengelola kelas? (2) bagaimana motivasi belajar mata pelajaran Kimia peserta didik kelas XI MA Fathul Huda tahun ajaran 2013/2014? (3) adakah pengaruh persepsi peserta didik kelas XI di MA Fathul Huda mengenai guru Kimia Dalam Mengelola Kelas Terhadap motivasi belajar Kimia?
Penelitian ini adalah penelitian kuntitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian populasi dengan menyebarkan angket yang berjumlah 38 soal yang terdiri atas 20 soal untuk persepsi peserta didik tentang guru Kimia dalam mengelola kelas dan 18 soal untuk motivasi belajar kimia kepada 52 peserta didik kelas XI IPA.
Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi satu prediktor.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, diketahui bahwa, variabel X (Persepsi peserta didik mengenai guru kimia dalam mengelola kelas) menempati kategori cukup, dengan nilai mean 78 yang berada pada interval 74 – 81 dan variabel Y (motivasi belajar kimia siswa) mempunyai mean 67 sehingga menempati kategori cukup dan berada pada interval 63 – 70
. Hasil penelitian menunjukkan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 =50 sehingga diperoleh Ftabel sebesar 4,03 sedangkan Freg 12,327. Jika dibandingkan keduanya Freg = 13,327 > Ftabel (0,05)= 4,03 dengan demikian bahwa variabel persepsi peserta didik mengenai guru kimia dalam mengelola kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar kimia peserta didik kelasXI MA Fathul Huda tahun ajaran 2013/2014.
Kemudian pada taraf signifikan 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 50 diperoleh Ftabel sebesar 7,17 sedang Freg sebesar 12,527. Jika dibandingkan keduanya Freg > Ftabel (0,01) = 7,17 dengan demikian bahwa variabel persepsi peserta didikmengenai guru kimia dalam mengelola kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar kimia peserta didik kelasXI MA Fathul Huda tahun ajaran 2013/2014.
Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel persepsi peserta didikmengenai guru kimia dalam mengelola kelas dan variabel motivasi belajar kimia peserta didik kelasXI MA Fathul Huda pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05 keduanya menunjukkan hasil yang signifikan. Hal tersebut berarti bahwa variabel persepsi peserta didik mengenai guru kimia dalam mengelola kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar kimia peserta didik kelasXI MA Fathul Huda tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Kimia; Kemampuan Guru; Manajemen Kelas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:04
Last Modified: 13 Mar 2014 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics