Analisis instrumen tes multiple choise mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V semester gasal buatan tim kecamatan Kaliwungu kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/2013

Zuliyana, Nilta (2013) Analisis instrumen tes multiple choise mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V semester gasal buatan tim kecamatan Kaliwungu kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911049_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911049_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911049_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911049_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911049_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911049_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911049_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (44kB) | Preview

Abstract

Nilta Zuliyana (093911049). Analisis instrumen tes multiple choise buatan tim MGMP mata pelajaran Al-qur’an hadis kelas v semester gasal di MI NU 43 Wonorejo kecamatan Kaliwungu kabupaten Kendal Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru Mdrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Walisongo 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen tes multiple choise buatan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V Semester Gasal tim MGMP kecamatan Kaliwungu Kabupaten KendalTahun Ajaran 2012/2013 dengan menguji tingkat Validitas (validitas instrument dan validitas item), Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Item (TK), Daya Beda (DB), dan Efektifitas Fungsi Distraktor (pengecoh). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif diskriptif. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Data penelitian berupa instrument tes buatan tim MGMP kecamatan Kaliwungu kabupaten Kendal dan lembar jawab dari 42 siswa kelas V di MI NU 43 Wonorejo yang mengikuti tes akhir semester pada tanggal 3 Desember 2012, data selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis instrument tes dan item tes. Untuk validitas instrumen tes dengan cara menganalisis data sesuai dengan kurikulum, konstruksi soal (aspek penilaian) dan tata bahasa, sedangkan untuk menganalisis item soal mulai dari validitas item, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda menggunakan rumus excel, untuk efektivitas fungsi distraktor menggunakan rumus fungsi distraktor. Hasil analisis tes pada penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, analisis Validitas instrumen tes multiple choise buatan tim MGMP mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam tes akhir semester kelas V ditinjau dari segi validitas isi (100%) soal sesuai dengan isi kurikulum, validitas konstruksi baik dengan kognitif pengetahuan berjumlah 22 soal 73.33% dan kognitif pemahaman berjumlah 8 soal (26.67%), dan dalam penggunaan tata bahasa bahasa baik adalah 22 (73.33%) soal dan yang tidak baik adalah 8 (26.67%). Untuk analisis item tes menggunakan rumus Korelasi Point Biserial mempunyai validitas “sedang” yaitu dengan 63.3% dari keseluruhan soal termasuk dalam kategori valid. Reliabilias Tes mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam tes akhir semester ini menggunakan rumus excel dan memiliki reliabilitas “tinggi” yaitu dengan koefisien korelasi r11=0,76. Kedua, Tingkat Kesukaran Tes mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam tes akhir semester ini menggunakan rumus Indeks Kesukaran dan memiliki tingkat kesukaran “mudah” yaitu sebesar 56.7%. dan Daya Pembeda dalam tes akhir semester ini menggunakan rumus Indeks Diskriminasi dan hasilnya “cukup memadai” yaitu sebesar 46.6%, dan Ketiga, Fungsi Distraktor dalam tes akhir semester ini yang telah berfungsi dengan baik yaitu sebesar 52.2%. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa tes mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yang telah diujikan mempunyai banyak kelemahan diantaranya soal tes Al-Qur’an Hadis dalam menggunakan bahasa kurang sesuai dan banyak yang tidak valid dan terlalu mudah. Hal ini disebabkan oleh tidak dilibatkannya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada penyusunan tes Al-Qur’an Hadis. Soal diperoleh dengan cara pihak sekolah membeli kepada MGMP, tanpa disertakan kisi-kisi soalnya. Selain itu, soal tes tidak diujicobakan terlebih dahulu. Sehingga kualitas soal tes tidak dapat diketahui, dan pada akhirnya soal tes tersebut kurang bisa sempurna sebagai alat pengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para tenaga pengajar dalam bidang pendidikan dan civitas akademika, para mahasiswa, guru, ataupun dosen agar senantiasa meningkatkan profesionalismenya dan melaksanakan evaluasi pendidikan agar betul-betul dapat memberikan informasi yang dibutuhkan secara akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran; Instrumen Tes Multiple Choise; Al-Qur’an Hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Mar 2014 06:40
Last Modified: 18 Mar 2014 06:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item