Efektivitas pembelajaran Numbered Head Together terhadap keberhasilan belajar pada materi ketentuan qurban kelas V Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy Plamongansari Semarang.

Choiriyah, Nur (2013) Efektivitas pembelajaran Numbered Head Together terhadap keberhasilan belajar pada materi ketentuan qurban kelas V Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy Plamongansari Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911054_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911054_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of 093911054_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911054_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 093911054_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911054_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 093911054_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911054_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 093911054_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911054_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 093911054_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911054_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 093911054_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911054_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling sharing ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, meningkatkan semangat kerja sama peserta didik lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Infarul Ghoy Plamongansari Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pembelajaran kelas yang di beri perlakuan Numbered Head Together dengan kelas yang tidak diberi perlakuan terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy Plamongansari Semarang pada materi ketentuan Qurban.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy Plamongansari Pedurungan Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Adapun indikatornya meliputi keaktifan peserta didik dalam berdiskusi dan partisipasi peserta didik dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah kelompok, keaktifan peserta didik dalam melakukan presentasi, bertanya serta memberikan tanggapan dan sanggahan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V dalam materi ketentuan Qurban di MI Infarul Ghoy Plamongansari Semarang. Adapun indikator dalam penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Dalam ranah kognitif data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 7,269 dan = 2,00 dengan taraf nyata 5%. Karena > maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: : “Kelas yang diberi perlakuan pembelajaran Numbered Head Together dengan kelas yang tidak diberi perlakuan terdapat perbedaan dalam meningkatkan keberhasilan belajar pada materi ketentuan Qurban kelas V Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy Plamongansari Semarang”.
Saran yang dapat diberikan adalah model pembelajaran tipe Numbered Head Together dapat digunakam sebagai alternatif dalam mengefektifkan pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy, untuk model pembelajaran tipe Numbered Head Together sebaiknya lebih ditingkatkan lagi dengan lebih dari satu atau beberapa pertemuan karena peserta didik perlu dibiasakan dengan model tersebut sehingga pembelajaran yang terjadi dapat optimal. Perlunya variasi dalam metode mengajar untuk memotivasi peserta didik dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik, sehingga hasil belajar yang diperoleh akan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Numbered Head Together; Qurban
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:55
Last Modified: 15 Nov 2021 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics