Upaya meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab melalui penggunaan lagu pada kelas IV MI NU 10 Sudipayung kecamatan Ngampel kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/2013

St. Muslikhati, St. Muslikhati (2013) Upaya meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab melalui penggunaan lagu pada kelas IV MI NU 10 Sudipayung kecamatan Ngampel kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 113911172_Coverdll.pdf]
Preview
Text
113911172_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (854kB) | Preview
[thumbnail of 113911172_Bab1.pdf]
Preview
Text
113911172_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 113911172_Bab2.pdf]
Preview
Text
113911172_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 113911172_Bab3.pdf]
Preview
Text
113911172_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 113911172_Bab4.pdf]
Preview
Text
113911172_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of 113911172_Bab5.pdf]
Preview
Text
113911172_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 113911172_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
113911172_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pembelajaran Bahasa Arab merupakan suatu pembelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina serta menumbuhkan pemahaman terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Tidak seperti selama ini yang terjadi di kelas IV MI NU 10 Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal yang masih menggunakan metode klasik seperti ceramah dan tanya jawab. Beberapa metode yang mampu menarik siswa untuk memahami materi salah satu yang bisa dilakukan dengan menggunakan lagu pada saat pembelajaran kosa kata Bahasa Arab
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana implementasi lagu untuk meningkatkan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI NU 10 Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal? 2) Apakah lagu dapat meningkatkan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI NU 10 Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal? 3) Bagaimana peningkatan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI NU 10 Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal setelah menggunakan lagu?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi lagu untuk meningkatkan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI NU 10 Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal dilakukan dengan mengajak siswa benyanyi bersama tentang materi dan diperjelas audio visual, kemudian siswa latihan memahami materi dengan membaca dan melagukan materi secara pribadi dan kelompok. Guru berperan sebagai motivator ketika kemudian guru menyuruh siswa untuk maju ke depan tes praktek membaca. 2) Lagu dapat meningkatkan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI NU 10 Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, hal ini terlihat dari peningkatan membaca siswa tiap siklus dan keaktifan siswa dalam pembelajaran semakin baik dan antusias. 3) Peningkatan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV MI NU 10 Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal setelah menggunakan lagu, hal dapat meningkatan hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus hanya 13 siswa atau 46.43% dengan rata-rata nilai 63.93 setelah menggunakan metode menyanyi pada siklus I menjadi 19 siswa atau 67.86% dengan rata-rata nilai 74.29 dan diperbaiki lagi pada siklus II ketuntasan sudah mencapai 24 siswa atau 85.71% dengan rata-rata nilai 81.07. Sedangkan proses keaktifan siswa juga mengalami kenaikan yaitu pada siklus I ada 17 atau 61% ketuntasan ada naik pada siklus II menjadi 23 atau 82%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 21 Mar 2014 07:51
Last Modified: 21 Mar 2014 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics