Analisis penilaian kinerja dengan teknik self assessment sebagai evaluasi kinerja mahasiswa pada praktikum fisika dasar II Tadris Fisika IAIN Walisongo Semarang tahun 2012

Kusminto, Kusminto (2013) Analisis penilaian kinerja dengan teknik self assessment sebagai evaluasi kinerja mahasiswa pada praktikum fisika dasar II Tadris Fisika IAIN Walisongo Semarang tahun 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083611036_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083611036_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083611036_Bab1.pdf]
Preview
Text
083611036_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083611036_Bab2.pdf]
Preview
Text
083611036_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083611036_Bab3.pdf]
Preview
Text
083611036_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083611036_Bab4.pdf]
Preview
Text
083611036_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083611036_Bab5.pdf]
Preview
Text
083611036_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083611036_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083611036_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan teknik self assessment dalam penilaian kinerja mahasiswa pada praktikum Fisika Dasar II. Self assessment merupakan suatu penilaian yang melibatkan mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap kompetensi diri mereka sendiri.
Kajian ini dilatarbelakangi bahwa penilaian selama ini berpusat pada dosen sering membuat kerepotan dalam menilai dan keterlibatan mahasiswa kurang. Sehingga mahasiswa sebagai objek penilaian yang seharusnya dapat mengambil manfaat paling besar dari penilaian, ternyata belum mendapatkan feedback yang maksimal dari penilaian tersebut. Dengan penilaian self assessment ini diharapkan bisa dijadikan alternatif dalam penilaian kinerja praktikum. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penilaian kinerja dengan teknik self assessment dalam evaluasi kinerja mahasiswa pada praktikum fisika dasar II, meliputi gambaran kemampuan mahasiswa dalam melakukan self assessment; hasil self- assessment dalam mengungkap kinerja praktikum mahasiswa; refleksi terhadap pelaksanaan penilaian kinerja praktikum fisika dasar II dengan teknik self assessment.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah Mahasiswa semester II Tadris Fisika tahun 2012 (TF2) yang terdiri dari 36 mahasiswa, pemilihan subjek ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui sejumlah instrumen, diantaranya berupa angket, rubrik penilaian kinerja yang terdiri dari rubrik self assessment yang diisi oleh mahasiswa serta rubrik yang diisi oleh observer, dokumentasi, observasi dan wawancara.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam melakukan self-assessment tergolong baik, sebagian besar kriteria ideal dalam pelaksanaan penilaian ini telah terpenuhi, mahasiswa pun memberikan respon positif terhadap pelaksanaan self assessment. Akan tetapi, self-assessment belum dapat mengungkap kinerja praktikum mahasiswa secara optimal karena adanya kecenderungan mahasiswa menilai lebih terhadap kinerjanya. Refleksi terhadap pelaksanaan self assessment, mahasiswa mengaku lebih mengetahui kemampuan dan kekurangan diri dalam praktikum, terdorong untuk lebih aktif, termotivasi lebih disiplin, melatih kejujuran, serta lebih mempersiapkan diri. Pemanfaatan hasil self-assessment dapat digunakan pada penilaian formatif, untuk pemberian feedback kepada mahasiswa agar meningkatkan kinerjanya. Adapun kendala penilaian kinerja praktikum dengan teknik self assessment yaitu kesulitan memahami indikator penilaian, kriteria penilaian dan pemberian skor. Sehingga untuk menerapkan self assessment perlu dilakukan optimalisasi pada saat sosialisasi dan pelatihan kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Praktikum Fisika; Self Assessment
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Mar 2014 07:56
Last Modified: 25 Mar 2014 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics