Muḥāwalah tarqiyah mahārah al-kitābah fī lugah al-`Arabiyyah bi istikhdām al-taṣḥiḥ al-mubāsyarah `an māddah "al-mihnah" ladai talāmiż al-ṣaff al-ṡāmin B fī madrasah "Fatahillah" al-sānawiyyah al-Islāmiyyah Semarang (sanah 2013-2014)

Umami, Novia Rizqiatul (2013) Muḥāwalah tarqiyah mahārah al-kitābah fī lugah al-`Arabiyyah bi istikhdām al-taṣḥiḥ al-mubāsyarah `an māddah "al-mihnah" ladai talāmiż al-ṣaff al-ṡāmin B fī madrasah "Fatahillah" al-sānawiyyah al-Islāmiyyah Semarang (sanah 2013-2014). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093211041_Skripsi_Coverdll.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211041_Skripsi_Bab1.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211041_Skripsi_Bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211041_Skripsi_Bab3.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211041_Skripsi_Bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211041_Skripsi_Bab5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093211041_Skripsi_Bibliografi.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan koreksi langsung dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis peserta didik kelas VIII B MTs Fatahillah Semarang pada materi pokok Al-mihnah (profesi) Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari wawancara dan pemberian tes awal untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah rata-rata kelas minimal mencapai 70 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%. Berdasarkan wawancara dan pemberian tes awal pada pra siklus diperoleh data bahwa keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebelum menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan koreksi langsung hanya 52,5% dan persentase ketuntasan klasikal hanya 52,5% dengan rata-rata kelas sebesar 60,75. Dari hasil penelitian, pada siklus 1 keaktifan peserta didik mencapai 62,81% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dengan rata-rata 68,5. Sedangkan pada siklus 2 keaktifan peserta didik naik 10,63 poin dari keaktifan sebelumnya menjadi 73,44% dan persentase ketuntasan klasikal pun naik 12,5 poin menjadi 75% dengan rata-rata kelas mencapai 74 Dengan demikian, penerapan streategi pembelajaran dengan menggunakan koreksi langsung dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Bahasa Arab pada materi pokok Al-mihnah (profesi) peserta didik kelas VIIIB MTs Fatahillah Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis; Bahasa Arab; Metode Koreksi Langsung
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Apr 2014 02:15
Last Modified: 01 Apr 2014 02:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item