Bimbingan dan Konseling Islam dalam Menangani Kasus Kleptomania (Studi Kasus Siswa SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang)

Salamah, Salamah (2013) Bimbingan dan Konseling Islam dalam Menangani Kasus Kleptomania (Studi Kasus Siswa SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
081111037_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
081111037_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081111037_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081111037_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081111037_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081111037_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081111037_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081111037_Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (554kB) | Preview

Abstract

Agama sebagai pedoman hidup bagi manusia yang memberikan petunjuk tentang berbagai aspek kehidupan, termasuk pembinaan atau pengembangan mental (rohani) yang sehat. Salah satu peranan agama juga sebagai terapi (penyembuhan) bagi gangguan kejiwaan. Pengamalan agama dalam kehidupan sehari-hari dapat membentengi orang dari gangguan jiwa dan dapat pula mengembalikan kesehatan jiwa bagi orang yang cemas, gelisah dan sebagainya. Sedangkan perubahan sikap mental dan perubahan prilaku dalam kehidupan siswa sehari-hari tidak bisa terjadi begitu saja, namun membutuhkan adanya suatu proses. Dan proses yang dimaksud melalui bimbingan dan konseling islam. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya kleptomania pada siswa SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang dan bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling islam dalam menangani kasus kleptomania pada siswa SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi khasanah ilmu terutama bagi jurusan bimbingan dan penyuluhan islam dalam memberikan gambaran yang jelas mengenai bimbingan dan konseling islam dalam menangani kasus kleptomania pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, Lokasi penelitian di SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang, dengan fokus penelitian pada siswa yang mengalami kleptomania. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK/psikolog, wali kelas dan guru agama dan dokumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa library research atau studi pustaka, sumber arsip, dokumen resmi di SD Hj. Isriati Baiturrahman I semarang. Metode yang digunakan yaitu: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan tehnik analisis yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang dalam menangani kasus kleptomania pada siswa melalui beberapa tahap yaitu identifikasi kasus, diagnosa, prognosa, terapi/treatment, evaluasi dan follow up. Dalam menangani kasus kleptomania pada siswa yang mana Guru BK/ psikolog berkerja sama dengan wali kelas dan guru agama untuk membantu menyelesaikan masalah interpersonal dan emosional siswa yang mengalami kleptomania dengan bimbingan dan konseling Islam, dan treatment/ terapi yang di berikan berupa sholat berjamaah, dzikir asmaul khusna, doa bersama dan terapi taubat. Semuanya di sampaikan secara langsung kepada siswa dengan berdialog, Tanya jawab, dan dengan persuasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Hj. Baiturrahman I Semarang menggunakan bimbingan dan konseling yang bisa merubah pola pikir dan sikap siswa yang mengalami kleptomania menjadi lebih baik dan tidak mengulangi tindakan mengambil barang milik orang lain lagi. Terbukti dari Bulan ke bulan kasus kleptomania di SD Hj. Baiturrahman I Semarang menurun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kleptomania
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 18 Nov 2013 06:45
Last Modified: 18 Nov 2013 06:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item