Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan jiwa wirausaha pada mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Walisongo

Basori, Muhammad Ridwan (2013) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan jiwa wirausaha pada mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411115-CoverDll.pdf - Accepted Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411115-Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411115-Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411115-Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411115-Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411115-Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411115-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Berwirausaha merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk Indonesia saat ini. Untuk mengembangkan dan menggalakkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa atau perguruan tinggi, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan jiwa wirausaha tersebut. Akan tetapi mahasiswa yang terjun dalam bidang wirausaha umumnya masih sangatlah sedikit. Fenomena inilah yang mendorong dilakukannya penelitian dengan judul ”Analisis faktor-faktor yang memepengaruhi pembentukan jiwa wirausaha mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap atau mencari faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pembentukan jiwa wirausaha mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan jiwa wirausaha pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang dan untuk mengidentifikasi faktor yang paling dominan yang mempengaruhi pembentukan jiwa wirausaha pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang. Jenis metode yang digunakan menggunakan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi, teknik analisa yang digunakan adalah regresi berganda dan pengukurannya menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang angkatan tahun 2009, 2010 dan 2011. Pengambilan sampel adalah simple random sampling sebanyak 100 responden. Hasil perhitungan secara simultan diperoleh F hitung sebesar (16,495) dengan signifikansinya 0,000 dan jauh lebih kecil dari 0,1, maka secara simultan variable internal dan eksternal berpengaruh terhadap pembentukan jiwa wirausaha mahasiswa. Sedangkan dari uji parsial diperoleh t hitung untuk variabel faktor internal sebesar 4,679 sedangkan signifikansinya 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,1) berarti ada pengaruh faktor internal terhadap pembentukan jiwa wirausaha. Untuk variabel faktor eksternal diperoleh nilai t hitung 1,633 sedangkan signifikasinya 0,106 (lebih besar dari taraf signifikan 0,1). berarti tidak ada pengaruh faktor eksternal terhadap pembentukan jiwa wirausaha. Dengan persamaan regresi Y =11,180+0,520X1+0,200X2 Jadi faktor internal merupakan faktor yang dominan yang mempengaruhi pembentukan jiwa wirausaha mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang dengan tingkat signifikan 0,00 (lebih kecil dari taraf signifikan 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jiwa Wirausaha; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Apr 2014 09:09
Last Modified: 03 Apr 2014 09:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item