Pengaruh diferensiasi dan (penjualan pribadi) personal selling terhadap keputusan menjadi nasabah pada BPR Syariah (studi kasus pada BPRS Bina Amanah Satria Kantor Kas Bumiayu)

Jannah, Ulfatul (2013) Pengaruh diferensiasi dan (penjualan pribadi) personal selling terhadap keputusan menjadi nasabah pada BPR Syariah (studi kasus pada BPRS Bina Amanah Satria Kantor Kas Bumiayu). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411180-COVER DLL.pdf - Accepted Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411180-Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411180-Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411180-Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411180-Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411180-Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411180-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Dengan berdirinya banyak lembaga keuangan di Bumiayu menyebabkan persaingan semakin ketat. BPRS Bina Amanah Satria merupakan salah satu lembaga keuangan yang berdiri di Bumiayu dan keberadaanya di apit oleh banyak lembaga keuangan yang lain. Dalam kondisi semacam ini, para bankir berusaha keras dengan melakukan rumusan strategi pemasaran dan promosi produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah. Salah satunya dengan melakukan diferensiasi baik dari segi produk, pelayanan, maupun yang lainnya dan promosi. Dalam hal promosi, penjualan pribadi (personal selling) merupakan metode atau strategi pemasaran yang paling mudah untuk mempengaruhi dalam keputusan pembelian agar terjadi transaksi penjualan. Fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Diferensiasi dan Penjualan Pribadi (personal selling) terhadap keputusan menjadi nasabah di BPRS Bina Amanah Satria”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah diferensiasi dan penjualan pribadi (personal selling) memiliki pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah di BPRS Bina Amanah Satria Bumiayu. Pada penelitian ini diharapkan akan memberikan informasi dan masukan berkaitan dengan upaya menarik calon nasabah ataupun mempertahankan nasabah yang sudah ada dengan meningkatkan strategi diferensiasi dan kinerja penjualan pribadi (personal selling) agar tetap bisa bertahan dalam persaingan yang kian meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dimana terdapat dua variable yaitu diferensiasi dan penjualan pribadi (personal selling) sebagai variabel bebas (independent) dan keputudan nasabah sebagai variabel terikat (dependent). Dengan menggunakan sumber data diantaranya data primer, sekunder, populasi dan sampel. Metode yang digunakan adalah dengan wawancara, menyebar angket (kuesioner) kepada sejumlah responden yaitu nasabah BPRS Bina Amanah Satria Bumiayu, dan dokumentasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas yaitu diferensiasi dan penjualan pribadi (personal selling) dengan variabel terikat yaitu keputusan menjadi nasabah secara parsial dan simultan. Dari hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa diferensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan melihat uji t, dimana nilai t hitung sebesar 2,260, dan penjualan pribadi (personal selling) berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung 7,915. Sedangkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa diferensasi dan penjualan pribadi (personal selling) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah dengan diperoleh nilai F hitung sebesar 97,524.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi; Penjualan Pribadi; Personal Selling; Keputusan Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Apr 2014 01:49
Last Modified: 05 Apr 2014 01:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item