Studi analisis tentang kompetensi guru dalam pengelolaan kelas di RA Taqwal Illah Meteseh Tembalang Semarang tahun 2011

Fitroni, Muhammad Rizal (2011) Studi analisis tentang kompetensi guru dalam pengelolaan kelas di RA Taqwal Illah Meteseh Tembalang Semarang tahun 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111032-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111032-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111032-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111032-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111032-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111032-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111032-Biliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengajar adalah faktor dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk meningkatkan mutu pengajaran, di antaranya adalah keterampilan pengelolaan kelas yang penting diperhatikan oleh seorang guru dalam menghadapi peserta didiknya. Pendidikan anak usia dini secara formal atau yang lebih sering dikenal dengan taman kanak-kanak, yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh para orang tua menjadi nilai tambah untuk membina anak sejak usia dini. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui 1). Bagaimana kompetensi guru dalam pengelolaan kelas di RA Taqwal Illah 2). Apakah problematika dalam pengelolaan kelas di RA Taqwal Illah ? dan apakah solusi yang digunakan. Penelitian ini termasuk sebagai penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang memiliki ciri-ciri khusus yang terletak pada tujuannya yaitu mendeskripsikan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan keseluruhan kegiatan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengungkap Mengetahui kompetensi guru dalam pengelolan kelas di RA Taqwal Illah Meteseh Tembalang Semarang dan mengetahui problematika dan solusi yang digunakan dalam pelaksanaan pengelolaan kelas anak usia dini di RA Taqwal Illah Meteseh Tembalang Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kompetensi guru dalam pengelolaan kelas di RA Taqwal Illah meliputi empat sektor, yaitu: 1) Pengelolaan peserta didik, guru memberikan motivasi belajar terhadap peserta didik dengan permaianan-permainan yang kreatif dan menyenangkan, 2) Pengelolaan waktu, dilakukan guru dengan mempersiapkan materi dengan baik, 3) Pengelolaan materi, materi yang diterapkan menggunakan metode pembiasaan dan bersifat umum dan keagamaan, 4) Pengelolaan setting kelas, yang didesain berdasarkan karakteristik peserta didik tiap-tiap kelas. Dari pelaksanaan pengelolaan kelas di RA Taqwal Illah, terjadi beberapa problematika, yaitu: 1) Problematika yang berhubungan dengan guru, dapat ditimbulkan dari masalah individu guru maupun berasal dari peserta didik, solusinya adalah dengan meningkatkan keprofesionalan agar fokus terhadap apa yang sedang dilakukan, 2) Problematika yang berhubungan dengan fasilitas, memiliki kendala pada keterbatasan dana pengadaan dan pada perawatan fasilitas, solusinya adalah dengan meningkatkan kreatifitas guru untuk menciptakan media dan alat pembelajaran sendiri serta peningkatan perawatannya, 3) Problematika yang berhubungan dengan waktu, seperti sulitnya mengkondisikan beberapa peserta didik yang tidak disiplin, solusinya dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang tepat agar sesuai untuk menanggulangi setiap masalah yang ada

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru; Pengelolaan Kelas; Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 20 May 2014 04:47
Last Modified: 20 May 2014 04:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item