Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan shadaqah, hibah, dan hadiah melalui metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas VIII B di MTs NU 21 Banyuringin Kendal tahun ajaran 2010 / 2011

Lutfi, A. Mustafit (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan shadaqah, hibah, dan hadiah melalui metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas VIII B di MTs NU 21 Banyuringin Kendal tahun ajaran 2010 / 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
063111052-coverdl.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111052-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111052-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111052-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111052-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111052-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063111052-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran Fiqh pokok bahasan Shadaqah, Hibah, dan Hadiah Kelas VIII B di MTs NU 21 Banyuringin Kendal Tahun Ajaran 2010 / 2011, (2) Apakah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Fiqh pokok bahasan Shadaqah, Hibah, dan Hadiah peserta didik Kelas VIII B di MTs NU 21 Banyuringin Kendal Tahun Ajaran 2010 / 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu kelas VIII B MTs NU 21 Banyuringin Kendal yang jumlahnya ada 25 peserta didik. Pada saat dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, suasana pembelajaran di kelas VIII B menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar siswa kelas VIII B ,materi sebelumnya. Hal ini penting untuk dijadikan dasar nilai awal. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Sedangkan tahap ketiga yaitu penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata hasil belajar hanya 65,04 dengan ketuntasan belajar 56%. Setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentase interaksi belajar antar peserta didik sebesar 62% dan prosentase aktivitas belajar peserta didik dengan guru sebesar 60,75% dengan rata-rata hasil belajar peserta didik 70 dan ketuntasan belajar 68%. Pada siklus II, prosentase interaksi belajar antar peserta didik sebesar 78,57% dan prosentase aktivitas belajar peserta didik dengan guru sebesar 73,25% dengan rata-rata hasil belajar 80,04 dan ketuntasan belajar 92 %. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dari sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan setelah model pembelajaran tersebut diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus pertama sampai ketiga mempunyai nilai dibawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan oleh karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan memang daya ingat atau tingkat intelektualitas yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 20 May 2014 07:11
Last Modified: 20 May 2014 07:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item