Problem dan solusi pembelajaran aspek afektif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi akidah akhlak di SMA N 3 Rembang

Wartono, Moh. (2011) Problem dan solusi pembelajaran aspek afektif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi akidah akhlak di SMA N 3 Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111058-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111058-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111058-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111058-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111058-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111058-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111058-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pembelajaran aspek afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akidah akhlak di SMA N 3 Rembang. (2) Problem atau masalah-masalah yang terjadi dalam pembelajaran aspek afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akidah akhlak di SMA N 3 Rembang. (3) Usaha / upaya yang dilakukan untuk mengatasi problem yang terjadi dalam pembelajaran aspek afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akidah akhlak di SMA N 3 Rembang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di SMA N 3 Rembang, kabupaten Rembang. Oleh karena itu, teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling, dengan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi dan masalah secara mendalam dan dapat dipercaya sebagai sumber data yang mantap. Sedangkan sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dalam pembelajaran aspek afektif pada mata pelajaran PAI materi akidah-akhlak di SMA N 3 Rembang, problem / masalah yang dihadapi meliputi: (a) Problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru. (b) Problematika yang berhubungan dengan kontrol terhadap perkembangan siswa. (c) Problematika yang berhubungan dengan pengaruh kemajuan teknologi. (d) Problematika yang berhubungan dengan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya / usaha yang bisa dilakukan untuk mengatasi problematika di atas adalah (a) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode pembelajaran adalah metode yang sudah dilakukan oleh guru PAI, seharusnya hal tersebut juga bisa dilakukan oleh semua guru dan juga di lingkungan keluarga siswa terutama oleh orang tua siswa. Uapaya lain yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan menerapkan teori-teori yang telah dikemukakan oleh para tokoh diantaranya strategi konsiderasi model strategi ini di kembangkan oleh Mc. Paul, seorang humanis, strategi pengembangan kognitif yang dikembangkan oleh Lawrence Kohlberg, dan strategi mengklarifikasi nilai yang dikembangkan oleh John Jarolimek. (b) Solusi atas problematika guru yang berhubungan dengan kontrol terhadap perkembangan siswa adalah pertama dari pihak sekolah, Sekolah agar selalu meningkatkan dan mengembangkan potensi yang ada, baik dari segi guru maupun siswanya. Yang selanjutnya keluarga, diupayakan orang tua untuk peningkatan pendidikan putra putrinya diantaranya sebagai berikut : 1). Menghargai dan memotivasi putra putrinya untuk selalu meningkatkan kemampuan didalam belajarnya. 2). Memberi kebebasan berkreasi bagi anak-anaknya, namun tetap memberikan pengawasan didalam perkembangannya. 3). Memberikan suasana keakraban dan kebersamaan dengan anak-anaknya dirumah, sehingga anak merasa betah dan nyaman di rumah. 4). Mendorong dan melatih kemandirian terhadap anak dengan memberikan tugas-tugas tertentu. 5). Memberikan pujian dan penghargaan apabila anak-anaknya dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. (c) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan pengaruh kemajuan teknologi adalah paling penting peranan orang tua untuk mengawasi dan memberikan penjelasan tentang baik dan buruknya internet hal ini juga yang harus dilakukan oleh seorang guru. Selain itu orang tua juga harus membekali anak-anaknya pengetahuan tentang nilai-nilai agama. Di samping itu harus ada kesadaran dari diri siswa sendiri untuk menghindari masalah-masalah penyalahgunaan internet dan mengetahui dampak negatifnya. (d) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan evaluasi adalah guru setiap saat selalu mengamati (observasi) akhlak siswanya baik itu ketika pembelajaran berlangsung atu tidak. Cara lain yang dapat ditempuh adalah guru selalu berkomunikasi dengan orang tua siswa (wali siswa) dan sesama guru terutama guru wali kelas dan guru BK untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan sikap siswa di luar kelas dalam hal ini adalah di lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru, kepala sekolah, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Aslam; Akidah Akhlak; Pembelajaran Aspek Afektif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 22 May 2014 07:39
Last Modified: 22 May 2014 07:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item