Studi komparasi konsep pendidikan kecerdasan moral menurut Michele Borba dan Aliah B. Purwakania Hasan dalam perspektif pendidikan Islam

Irfandi, Taufik (2011) Studi komparasi konsep pendidikan kecerdasan moral menurut Michele Borba dan Aliah B. Purwakania Hasan dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111061-coverdll.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111061-Bab1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111061-Bab2.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111061-Bab3.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111061-Bab5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111061-Bibliografi.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui konsep pendidikan kecerdasan moral menurut Michele Borba dan Aliah B. Purwakania Hasan. (2) Mengetahui perbedaan, persamaan, kelebihan dan kelemahan konsep pendidikan kecerdasan moral menurut Michele Borba dan Aliah B. Purwakania Hasan. (3) Mengetahui konsep pendidikan kecerdasan moral menurut Michele Borba dan Aliah B. Purwakania Hasan dalam Perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) data primer yaitu buku Michele Borba, Menumbuhkan Kecerdasan Moral Anak : Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi, dan Aliah B. Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami; Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran Sampai Pascakematian, sedangkan data sekundernya yaitu informasi yang berkaitan dengan objek penelitian yang disampaikan orang lain. Data yang relevan dengan skripsi ini, di antaranya: kitab/ buku, skripsi, tesis, buletin, jurnal dan lain-lain. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi atau studi dokument. Dalam membahas dan menelaah data, peneliti menggunakan metode content analysis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Mengkomparasikan dengan membandingkan datum yang satu dengan data yang lain. (2) Menginterpretasikan dengan menyelami buku untuk mengungkapkan arti dan makna yang disajikan. Selanjutnya setelah melewati proses content analisys untuk menelaah isi yang ada di dalamnya, penulis memadukan isi dari konsep kedua tokoh tersebut ke dalam perspektif pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat Michele Borba dan Aliah B. Purwakania Hasan memiliki kelebihan dan kelemahan serta persamaan dan perbedaan. Terlepas dari kelemahan dan kelebihan kedua tokoh tersebut, namun pada intinya sama, maka tujuan dari konsepnya yaitu (1) Agar anak memiliki kemampuan untuk membedakan sesuatu yang benar dan yang salah. (2) Agar anak memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi diri, bermanfaat untuk orang lain dan masyarakat. (3) Membangun anak berkepribadian baik. Berdasarkan pengertian tersebut maka konsep kecerdasan moral dari Michele Borba dan Aliah B. Purwakania Hasan sesuai dengan pengertian pendidikan Islam Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Moral; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 May 2014 09:12
Last Modified: 26 May 2014 09:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item