Konsep pendidikan karakter yang terkandung dalam undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka dan relevansinya dengan pendidikan akhlak Islami

Fauzun, Muhamad (2011) Konsep pendidikan karakter yang terkandung dalam undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka dan relevansinya dengan pendidikan akhlak Islami. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111096-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111096-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111096-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111096-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111096-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111096-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111096-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Konsep pendidikan karakter yang terkandung dalam undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka; (2) Konsep pendidikan akhlak islami; (3) untuk mencari relevensi antara konsep pendidikan karakter dalam undang-undang nomor 12 tahun 2010 dengan konsep pendidikan akhlak islami. Metode pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode yang digunakan untuk memperoleh data penulisan skripsi ini adalah metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk menentukan literatur-literatur yang mempunyai hubungan dengan permasalahan yang diteliti dimana penulis membaca dan menelaahnya dari berbagai sumber yang telah disebutkan di atas yang mempunyai keterkaitan dengan tema skripsi ini, yaitu literatur yang berisi tentang pendidikan karakter gerakan pramuka , pendidikan Islam dan tentang pendidikan akhlak dalam Islami. Setelah melakukan penelitian, maka dapat diketahui bahwa konsep pendidikan karakter yang terkandung dalam undang-undang tersebut lebih menitik beratkan pada kode moral atau darma pramuka. Isi darma pramuka yaitu : takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; patriot yang sopan dan kesatria; oatuh dan suka bermusyawarah; rela menolong dan tabah; rajin, terampil dan gembira; hemat, cermat dan bersahaja; disiplin, berani dan setia; bertanggungjawab dan dapat dipercaya; suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Kemudian dari darma pramuka ini penulis menyimpulkan bahwasanya ada tiga konsep besar yang terdapat di dalamnya sebagai sebuah pendidikan untuk pencapaian manusia sebagai insan kamil yaitu pendidikan mengenai hubungan manusia dengan Tuhannya; hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya; akal dan hatinya; rohani dan jasmaninya; akhlak dan keterampilannya. Pendidikan Islam juga berperan sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat. Relevansi konsep pendidikan karakter yang terkandunng dalam undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka selaras dengan apa yang menjadi dasar tujuan pendidikan akhlak islami yaitu selalu menjaga hubungan yang baik terhadap Tuhannya karena manusia diciptakan sebagai hamba yang sempurna untuk selalu beribadah kepada-Nya; menjaga hubungan dengan sesama manusia karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari ketergantungan terhadap sesama; dan manusia dianjurkan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan alam sekitarnya karena dari alamlah manusia menjalani kehidupan dan memperoleh kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Gerakan Pramuka; Pendidikan Akhlak Islami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 May 2014 09:41
Last Modified: 28 May 2014 09:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item