Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa dalam mapel fiqih (studi eksperimen di kelas VIII semester II MTs Al-Islam Jepara tahun ajaran 2010/2011)

Hidayati, Ayu Lusi Nur (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa dalam mapel fiqih (studi eksperimen di kelas VIII semester II MTs Al-Islam Jepara tahun ajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63111132-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111132-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111132-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111132-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111132-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111132-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63111132-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi makanan dan minuman di MTs Al-Islam Jepara. Populasi pada kelas ini adalah kelas VIII MTs Al-Islam Jepara Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament) dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional) dan kelas VIIIC sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode angket, metode observasi dan metode tes. Metode angket diberikan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Metode observasi untuk mengetahui pengaruh aktifitas situasi belajar mengajar pada saat dilakukan penelitian. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan dan tes tersebut juga diberikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda kelas uji coba instrumen. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji pra syarat, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varian yang sama. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata kelas eksperimen diperoleh 65,88dengan Standar Deviasi (SD) = 11,51 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh 58,82 dengan Standar Deviasi (SD) = 9,05 untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t diperoleh thitung =2,811 dan dari tabel distribusi diperoleh tabel ttabel = 1,67 dengan α = 0,05 dan dk = 34 + 34 – 2 = 66. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel , jadi . Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament materi makanan dan minuman berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hal tersebut Nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament efektif lebih berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah, pada khususnya guru fiqih di MTs Al-Islam agar menggunakan dan mengembangkan model pembelajaran Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Fiqih; Model Kooperatif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Jun 2014 03:44
Last Modified: 03 Jun 2014 03:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item