Studi manajemen kelas bilingual untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa asing di SD Islam Tunas Harapan Sendang Mulyo Tembalang Semarang

Hasna, Mamlu’atul (2011) Studi manajemen kelas bilingual untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa asing di SD Islam Tunas Harapan Sendang Mulyo Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63311003-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311003-bab1.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311003-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311003-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311003-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311003-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63311003-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk.: (1) Bagaimana pengelolaan siswa kelas bilingual di SD Islam Tunas Harapan sendang mulyo tembalang semarang (2)Bagaimana pengelolaan fasilitas kelas untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa asing di sd Islam Tunas Harapan sendang mulyo tembalang Penelitian ini merupakan Jenis penelitian(field research) atau penelitian kualitatif lapangan dengan metode menggunakan observasi, wawancara, dan dukumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan tehnik analisis diskiptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pengelolaan Siswa Kelas Bilingual di SD Islam Tunas Harapan Sendang Mulyo Semarang adalah dimana SD Islam Tunas Harapan mengelola kelas dengan pembelajaran terkait materi akademik ataupun bersifat menunjang pembelajaran. Misalkan Sunday meeting yang didalamya berisi game ,sport, outbound, ataupun kegiatan penunjang akademik seperti performance student. Lingkungan belajar di luar kelas yang ada di SD Islam Tunas Harapan tidak hanya berperan sebagai tempat bermain, melainkan juga sebagai tempat siswa mengekspresikan keinginannya, karena pembelajaran diluar kelas akan merangsang keingintahuan siswa. Diluar kelas siswa dapat mempelajari berbagai hal serta mengoptimalkan semua aspek perkembangannya. Aktifitas di luar ruangan lebih berperan dalam mengintegrasikan sensoris dan berbagai potensi yang dimiliki anak, termasuk perkembangan fisik, keterampilan sosial, dan perkembangan emosional juga intelektualitas peserta didik. (2) Fasilitas di SD Islam Tunas Harapan terutama yang bilingual itu sangat baik dan itu tidak dipinjamkan oleh kelas yang bukan bilingual oleh karena itu fasilitas kelas bilingual sangat di perhatikan semisal ada pelajaran tentang tumbuhan jadi semua tumbuhan yang di perlukan ada dan guru harus menjaganya fasilitas tersebut begitu juga pesertadidik. ruangan bilingual di khususkan semisal seperti tempat duduk di desain dengan bagus sehingga peserta didik nyaman berada di didalamnya dan tempat duduknya itu di cet warna warni tujuanya agar pesrtadidik tidak bosan berada didalam kelas. Dengan manajemen kelas sebagaimana yang penulis paparkan diatas, guru di SD Islam Tunas Harapan mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik, pesertadidik sebagai subyek yang selalu ikut berperan aktif dalam pembelajaran menjadikan guru lebih mudah dalam mengkondisikan kelas. Di SD Islam Tunas Harapan pesertadidik berisi antara 20-28 semua itu demi pesertadidik agar pesertadidik nyaman saat belajar di kelas bilingual. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi guru SD Islam tunas harapan kelas bilingual dan guru pengajar kelas bilingual, agar dapat berkerjasama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang ada di SD Islam tunas harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas; Kelas Bilingual; Prestasi Belajar; Bahasa Asing
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Jun 2014 03:47
Last Modified: 03 Jun 2014 03:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item