Efektivitas pembelajaran matematika garis singgung lingkaran dengan strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur pada peserta didik

Kusumaningtyas, Dwi (2011) Efektivitas pembelajaran matematika garis singgung lingkaran dengan strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur pada peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63511025_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511025_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511025_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511025_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511025_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511025_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63511025_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Strategi Student Team Heroic Leadership dan pemberian Tugas Terstruktur menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran matematika. Pembelajaran disusun dengan diawali pemberian tugas terstruktur, dalam hal ini berbentuk modul (bisa dikerjakan di rumah) kemudian dilanjutkan dengan tatap muka di kelas diharapkan dapat mencapai tujuan lebih baik. Melihat kondisi pembelajaran matematika Garis Singgung Lingkaran di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu, diusulkan dalam penelitian ini dilaksanakan pembelajaran matematika Garis Singgung Lingkaran dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ketuntasan belajar dengan Strategi Student Team Heroic Leadership dan pemberian Tugas Terstruktur, (2) pengaruh keterampilan proses dengan strategi tersebut terhadap hasil belajar, dan (3) apakah hasil belajar pendekatan tersebut di atas lebih efektif dari pada strategi pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang terdiri dari empat kelas SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu dengan rataan 40 peserta didik. Sampel dilakukan dengan Cluster random sampling untuk mengambil kelas eksperimen yaitu VIII C dan kelas Kontrol VIII D. Variabel bebas adalah keterampilan proses dan variabel terikat hasil belajar dengan Strategi Student Team Heroic Leadership dan pemberian Tugas Terstruktur. Cara pengambilan data dengan lembar pengamatan dan tes. Data yang diperoleh dideskriptifkan dan diolah dengan analisis uji t satu sampel, analisis regresi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika Bangun Ruang dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur (1) mencapai melebihi batas tuntas belajar keterampilan proses 75 dan ketuntasan hasil belajar 60 yaitu dengan rata-rata keterampilan proses 79,5319 dan rata-rata hasil belajar 65,4651, (2) keterampilan proses dengan Strategi Student Team Heroic Leadership yang dilengkapi Tugas Terstruktur berpengaruh positif terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik (R2) sebesar 78,1%, dan (3) Hasil belajar dengan Strategi Student Team Heroic Leadership dan pemberian Tugas Terstruktur lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori. Saran, sistem pembelajaran di kelas sebaiknya harus memperhatikan keterampilan prosesnya. Salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah dengan menerapkan strategi Student Team Heroic Leadership dan pemberian tugas terstruktur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika; Strategi Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Jun 2014 07:13
Last Modified: 06 Jun 2014 07:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item