Fa‘āliyyah majmū‘ah al-taḥqīq (group investigation) fī Injāz tarjamah al-lugah al-‘Arabiyyah ilā al-lugah al-Indūnīsiyyah fī al-ṣaff al-ṡāmin bi madrasah al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah al-ḥukūmiyyah Nguntoronadi Wonogiri

Ramdhani, Danangsasi (2011) Fa‘āliyyah majmū‘ah al-taḥqīq (group investigation) fī Injāz tarjamah al-lugah al-‘Arabiyyah ilā al-lugah al-Indūnīsiyyah fī al-ṣaff al-ṡāmin bi madrasah al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah al-ḥukūmiyyah Nguntoronadi Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
063211006_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211006_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211006_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211006_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211006_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211006_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211006_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211006_Lampiran.pdf - Supplemental Material

Download (989kB) | Preview

Abstract

Masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1. Seberapa besarkah pengaruh Group Investigation pada materi “al-Mihnah” (Profesi) terhadap terjemah bahasa Arab untuk kelas 8 MTsN Nguntoronadi? 2. Seberapa efektifkah Group Investigation terhadap hasil tarjamah bahasa Arab pada materi “al-Mihnah” (Profesi) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk kelas 8 MTsn Nguntoronadi? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental, oleh karenanya peneliti menggunakan metode observasi dan tes untuk mengumpulkan data. Populasi dalam skripsi ini adalah seluruh murid kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Nguntoronadi, Wonogiri. Sedangkan sampel yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen yang telah diajar terjemah bahasa tentang materi “al-Mihnah” (Profesi) dengan menggunakan metode Group Investigation dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol yang telah diajar terjemah bahasa tentang materi “al-Mihnah” (Profesi) dengan menggunakan metode ceramah. Try-out diberikan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran dan daya beda soal. Kemudian pre-tes dan pos-tes diberikan kepada kelas eksperimen dan kontrol (VIII B dan VIII A), sedangkan untuk menganalisa data diguanakan T-tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan data pre-test kelas eskperiment diketahui bahwa memiliki nilai tertinggi bagi siswa yang belajar menggunakan Group Investigation yaitu 98 menunjukkan kemampuan istimewa, sedangkan nilai terendah 53 menunjukkan kemampuan kurang. Sedangkan data pre-test kelas kontrol diketahui bahwa memiliki nilai tertinggi bagi siswa yang belajar tanpa menggunakan metode tersebut yaitu 90 menunjukkan kemampuan istimewa, sedangkan nilai terendah 50 menunjukkan kemampuan kurang. Kemudian nilai MEAN bagi siswa yang menggunakan Group Investigation (kelas eksperiment) VIII B = 74,79 sedangkan bagi siswa yang belajar tanpa menggunakannya, atau menggunakan metode ceramah (kelas kontrol) VIII A = 69,70. Dari hasil ini, berarti terdapat perbedaan antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dari hasil peneltian yang telah terlaksana diketahui bahwa siswa yang belajar terjemah bahasa tentang materi “al-Mihnah” (Profesi) dengan menggunakan Group Investigation lebih efektif daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan metode tersebut. Berdasarkan hal diatas peneliti mengambil kesimpulan bahwa penerapan Group Investigation terhadap terjemah bahasa untuk siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Nguntoronadi lebih efektif daripada tidak menggunakannya dalam hal peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil t-tes yaitu ttabel < thitung = 1,67 < 1,726. Ha diterima. Nilai rata-rata kelas eksperimen 74,79 sedangkan kelas control 69,70.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Group Investigation; Metode Terjemah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Jun 2014 07:45
Last Modified: 06 Jun 2014 07:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item