Dirāsah taḥlīliyyah ‘an kitāb “Fitrah” fī ta‘līm al-lugah al-‘Arabiyyah li al-ṣaff al-ḥādī ‘asyar bi al-madrasah al-‘āliyah min nāḥiyyah al-māddah

Ghufron, Ahmad Hisyam (2011) Dirāsah taḥlīliyyah ‘an kitāb “Fitrah” fī ta‘līm al-lugah al-‘Arabiyyah li al-ṣaff al-ḥādī ‘asyar bi al-madrasah al-‘āliyah min nāḥiyyah al-māddah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
063211007_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211007_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211007_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211007_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211007_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211007_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
063211007_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (143kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan materi pelajaran yang mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan lisan dan tulisan, mengungkapkan informasi dan pemikiran, dan mengembangkan pengetahuan agama, pengetahuan umum, sosial, dan kebudayaan. Peran Pembelajaran Bahasa Arab adalah pembelajaran bahasa agama dan umum, serta sarana komunikasi. Penelitian ini terfokus pada dua permasalahan yang diajukan, yaitu: 1. Apakah materi yang disajikan buku “Fitrah” dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas XI? 2. Apakah buku “Fitrah” sesuai dengan kurikulum kelas XI MA yaitu PERMENAG no. 02 tahun 2008 (segi materi)? Penelitian ini berupa penelitian kualitatif, oleh karena itu peneliti memakai metode dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dengan metode ini peneliti memperoleh data tentang kandungan-kandungan buku yang baik. Kemudian segi analisis data, peneliti memakai analisis isi (Content analysis), yaitu metode analisis data berupa analisis isi suatu komunikasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi kitab ini berupa pendekatan all in one dengan menggunakan kurikulum KTSP yakni PERMENAG no. 02 Tahun 2008. Terdapat empat (4) materi yang mencakup empat maharah (berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis). Juga terdapat latihan-latihan yang sesuai dengan keempat maharah tersebut yang berguna untuk mengukur kemampuan pemahaman peserta didik dan membantu peserta didik menghadapi tes semester. Materi tersebut disusun teratur dan sesuai dengan Kurikulum PERMENAG no. 02 tahun 2008. Hal ini memungkinkan pembelajaran Bahasa Arab secara memadai. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi pelajar dan pengajar Bahasa Arab. Dengan ini, Semoga Allah memberi kemudahan kepadanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; Kurikulum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Jun 2014 08:02
Last Modified: 06 Jun 2014 08:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item