Efektifitas pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP pondok modern Selamet Kendal pada materi pokok sistem peredaran darah manusia

Muli’atunni’am, Muli’atunni’am (2011) Efektifitas pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP pondok modern Selamet Kendal pada materi pokok sistem peredaran darah manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63811016_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811016_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811016_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811016_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811016_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811016_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811016_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui: Apakah pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional (ceramah) terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi kelas VIII SMP Pondok Modern Selamet Kendal pada materi pokok sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Bentuk design true experimental dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pondok Modern Selamet Kendal. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas uji coba. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran biologi dengan menggunakan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sedangkan pada kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia. Dan saat pembelajaran berlangsung keaktifan peserta didik diamati. Setelah pembelajaran selesai, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol diberi tes akhir yang sama. Tes akhir dan hasil observasi keaktifan inilah yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar, metode observasi digunakan untuk mengamati keaktifan dalam proses pembelajaran, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Instrumen tes sebelum digunakan, untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu di lakukan uji coba untuk pengujian validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen postes adalah 70,09 dan kelompok kontrol adalah 60,46 berdasarkan uji perbedaan rata-rata pihak kanan, diperoleh hasil belajar thitung = 4,460 dan tabel = 1,67. Karena thitung > tabel, berarti Ho di tolak. karena hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi materi pokok sistem peredaran darah pada manusia siswa kelas VIII SMP Pondok Modern Selamet Kendal

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Numbered Head Together (NHT); Hasil Belajar; Pondok Modern; Peredaran Darah Manusia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Jun 2014 08:38
Last Modified: 13 Jun 2014 08:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item