Relevansi kandungan Al-Qur'an surat Ar-Rum ayat 41 dengan pelestarian lingkungan pada mapel biologi materi pokok pencemaran lingkungan

Fauziati, Rini (2011) Relevansi kandungan Al-Qur'an surat Ar-Rum ayat 41 dengan pelestarian lingkungan pada mapel biologi materi pokok pencemaran lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63811032_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811032_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811032_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811032_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811032_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811032_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811032_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi rumusan masalah yaitu bagaimana anjuran al-Qur'an tentang pelestarian lingkungan? Bagaimana integrasi kandungan al-Qur'an Surat al-Baqarah Ayat 205, al-A'raf Ayat 56, ar-Rum Ayat 41, al-Rahman Ayat 19-20, al-Jatsiyah Ayat 13, Ibrahim Ayat 34, al-Hijr Ayat 85 dengan Pelestarian Lingkungan pada Mapel Biologi Materi Pokok Pencemaran Lingkungan? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data primer yaitu al-Qur'an Surat al-Baqarah Ayat 205, al-A'raf Ayat 56, ar-Rum Ayat 41, al-Rahman Ayat 19-20, al-Jatsiyah Ayat 13, Ibrahim Ayat 34, al-Hijr Ayat 85. Dalam mengumpulkan data melalui riset kepustakaan (library research). Dalam membahas dan menelaah data, peneliti menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa anjuran al-Qur'an tentang pelestarian lingkungan, bahwa al-Qur’an banyak mengandung muatan dan isyarat pendidikan, termasuk di dalamnya persoalan pencemaran lingkungan hidup yang menjadi salah satu bagian materi pelajaran biologi. Al-Qur'an dan Sunnah secara bersama-sama telah memberikan perhatian yang mendalam terhadap masalah lingkungan. Perhatian ini tentu sangat menarik untuk diketahui oleh para peneliti yang obyektif. Konsep al-Qur'an tentang lingkungan dalam pengertian luas merupakan upaya untuk merevitalisasi misi asal ekologi, back to basic ecology. Misi asal ekologi adalah untuk mengkaji keterhubungan timbal balik antar komponen dalam ekosistem. Dalam hal ini tidak terbatas hanya komponen manusia dan ekosistemnya, melainkan seluruh komponen dalam ekosistem. Visi lingkungan yang utuh menyeluruh, holistik integralistik. Visi lingkungan yang holistik integralistik diproyeksikan mampu menjadi garda depan dalam pengembangan kesadaran lingkungan guna melestarikan keseimbangan ekosistem. Sebab seluruh komponen dalam ekosistem diperhatikan kepentingannya secara proporsional tidak ada yang dipentingkan dan tidak ada pula yang diterlantarkan oleh visi lingkungan Islam yang holistik integralistik. Dalam rangka menggali manfaat dari lingkungan, tidak boleh diabaikan pula upaya untuk melestarikan lingkungan itu sendiri. hendaklah dijaga keseimbangan ekologi dan dihindari pencemaran, diupayakan agar kekayaan alam itu dipergunakan sehemat mungkin. Bumi ini dikatakan bukanlah warisan dari nenek moyang kita, melainkan pinjaman dari anak cucu kita. Selaku peminjam kita harus pandai dan adil, tidak ceroboh, supaya barang pinjaman itu dapat kita kembalikan sebagaimana aslinya, atau mungkin lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an dan Lingkungan; Pelestarian Lingkungan; Pencemaran Lingkungan; Biologi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Jun 2014 08:48
Last Modified: 13 Jun 2014 08:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item View Item