Pengaruh keaktifan peserta didik dalam model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi sistem pernapasan manusia

Nadhifah, Af’idatun (2011) Pengaruh keaktifan peserta didik dalam model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi sistem pernapasan manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
63811034_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811034_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811034_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811034_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811034_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811034_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
63811034_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keaktifan peserta didik dalam model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi sistem pernapasan pada manusia di kelas VIII MTs NU 01 Cepiring. Pada penelitian ini yang menjadi variabel X adalah keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Tutor Sebaya sedangkan variabel Y adalah hasil belajar pada materi sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain posttest dan menggunakan tekhnik analisis regresi satu prediktor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs NU 01 Cepiring, pada pengambilan sampel menggunakan metode claster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode Dokumentasi, Observasi dan Tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan peserta didik dalam pembelajaran model tutor sebaya terhadap hasil belajar biologi materi sistem pernapasan pada manusia. Dari proses penghitungan analisis korelasi ditunjukkan oleh koefisien rxy= 0,437639. Angka ini lebih besar dari t tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% dan koefisien diterminasinya r2xy= 0,191528. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar biologi ditentukan oleh keaktifan peserta didik melalui fungsi taksiran Y= 0,556957x + 31,85376. Hal tersebut juga ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh nilai Freg =8,0546. Melalui uji F diketahui bahwa Freg = 8,0546 > Ft (0,05) = 0,329 dan Freg = 8,0546 > Ft (0,01) = 0,424. Dengan demikian Freg > Ft (0,05 dan 0,01). Hal ini berarti keaktifan peserta didik dalam model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi materi sistem pernapasan pada manusia. Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pembaca, mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dalam memberikan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan prestasi belajar dan mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan memadai sesuai dengan bidang studinya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Tutor Sebaya; Hasil Belajar; Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Jun 2014 08:50
Last Modified: 13 Jun 2014 08:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item