Pemanfaatan laboratorium biologi untuk mencapai standar kompetensi pembelajaran biologi kelas XI IPA semester I di MAN Kendal

Tusiyam, Siti Nur Hidayah (2011) Pemanfaatan laboratorium biologi untuk mencapai standar kompetensi pembelajaran biologi kelas XI IPA semester I di MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 063811039_Coverdll.pdf]
Preview
Text
063811039_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of 063811039_Bab1.pdf]
Preview
Text
063811039_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 063811039_Bab2.pdf]
Preview
Text
063811039_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 063811039_Bab3.pdf]
Preview
Text
063811039_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 063811039_Bab4.pdf]
Preview
Text
063811039_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 063811039_Bab5.pdf]
Preview
Text
063811039_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 063811039_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
063811039_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan laboratorium biologi untuk mencapai standar kompetensi biologi kelas XI IPA semester I di MA Negeri Kendal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kwantitas pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi kelas XI IPA semester I di MA Negeri Kendal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pemanfaatan laboratorium biologi kelas XI semester I di MA Negeri Kendal? (2) Mengapa pemanfaatan laboratorium biologi belum maksimal untuk mencapai standar kompetensi pembelajaran biologi kelas XI IPA semester I di MAN Kendal? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di laboratorium biologi di MAN Kendal. Tiap siswa kelas XI IPA dijadikan sebagai responden. Datanya diperoleh dengan cara observasi lapangan, angket dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis kualitatif deskriptif menggunakan prosentase deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan laboratorium biologi kelas XI IPA semester I di MA Negeri Kendal sangat dibutuhkan dalam pembelajaran biologi dalam kegiatan praktikum. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan angket guru serta minat peserta didik ketika kegiatan praktikum dilaksanakan. Hasil observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa kegiatan, keadaan, perlengkapan, dan persiapan laboratorium biologi di MAN Kendal sudah sangat baik. (2) Pemanfaatan laboratorium biologi dalam kegiatan praktikum belum maksimal untuk mencapai standar kompetensi pembelajaran biologi kelas XI IPA di MAN Kendal semester I dari hasil wawancara guru dan peserta didik mencapai 23%-65% dapat dikategorikan cukup mencapai standar kompetensi. Hasil analisis angket dalam pemanfaatan laboratorium biologi dengan menggunakan analisis prosentase deskriptif mencapai 71,119% maka dapat dikategorikan sudah mencapai standar kompetensi pembelajaran biologi kelas XI IPA semester I di MAN Kendal. Pemanfaatan laboratorium biologi dapat mendukung kegiatan pembelajaran biologi sehingga peserta didik dapat termotivasi dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Biologi; Standar Kompetensi; Pembelajaran Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 18 Jun 2014 02:40
Last Modified: 24 May 2021 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics